Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat 3 Kei Car yang Pamer Diri di GIIAS 2023

Kompas.com - 15/08/2023, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 tak hanya jadi ajang meluncurkan model baru, namun juga mobil prototipe sebagai arah teknologi masa depan.

Pabrikan mobil asal Jepang yaitu Honda, Mitsubishi memajang kei car listrik di GIIAS 2023. Meski sekadar eksibisi hadirnya mobil listrik mungil ini merupakan isyarat pabrikan yang mulai serius jajaki segmen elektrifikasi.

Baca juga: Promo Harga Spareparts Suzuki di GIIAS 2023, Diskon 25 Persen

Adapun Daihatsu memajang kei car boxy Daihatsu Atrai. Mobil ini sekilas mirip dengan Gran Max karena punya desain bodi mengotak, tetapi dimensinya lebih kecil seperti bonsai.

Mobil listrik mungil Honda N-Van EV Prototype dipamerkan di GIIAS 2023Dok. HPM Mobil listrik mungil Honda N-Van EV Prototype dipamerkan di GIIAS 2023

Honda N-Van EV Prototype

Pada GIIAS 2023, PT Honda Prospect Motor (HPM) memajang Honda N-Van EV Prototype. Mobil ini sebenarnya Honda N-Box, tapi versi listrik.

Kei car Honda N Series ini termasuk salah satu mobil yang populer di pasar domestik Jepang, sejak diperkenalkan pada 2018. Dimensinya ringkas, panjang 3,3 meter, lebar 1,4 meter, dan tinggi hanya 1,95 meter.

Baca juga: Rahasia Hino Punya Banyak Produk, Dapat Restu dari Jepang

Bentuk eksterior mengotak cocok dijadikan sebagai kendaraan niaga, karena bisa memuat banyak barang. Namun tujuan utama mobil ini hanya untuk di perkotaan, bukan untuk berkendara jarak jauh dari kota ke kota.

Mobil Listrik Mitsubishi Ek X EV mejeng di GIIAS 2023, kei car mungil dengan tampilan mirip Xpander bonsaiKompas.com/Daafa Alhaqqy Mobil Listrik Mitsubishi Ek X EV mejeng di GIIAS 2023, kei car mungil dengan tampilan mirip Xpander bonsai

Mitsubishi Ek X EV

Mitsubishi Ek X EV baru meluncur untuk pasar Jepang. Jika dibandingkan dari segi desain, Ek X EV memang sangat serupa, bahkan bisa dikatakan sebagai Xpander versi ‘mini’.

Fasia Xpander dan Ek X EV yang sangat mirip. Perbedaan segi dimensi di mana Mitsubishi Ek X EV ini ringkas, punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan sumbu roda 2.495 mm.

Baca juga: Cara Kerja Retarder Elektromagnetik pada Truk, Bisa Cegah Rem Blong

Catu daya disuplai baterai jenis litium ion berkapasitas 20.000 wH (watt hour) dengan klaim daya jelajah sejauh 180 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Baterai tersebut dikawinkan dengan daya dinamo penggerak sebesar 47.000 watt, namun kecepatannya dibatasi di 80 kpj saja.

Untuk sektor pengisian daya, kei car listrik ini dibekali colokan jenis ChaDeMo yang merupakan standar Jepang, dengan kemampuan pengisian daya cepat, mulai 10 persen hingga penuh dalam 80 menit.

Kei car Daihatsu Atrai tampil di GIIAS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Kei car Daihatsu Atrai tampil di GIIAS 2023

Daihatsu Atrai

Daihatsu Atrai bisa dibilang Atrai adalah penyempurnaan dari Hijet Cargo yang meluncur pada tahun 2020. Desainnya mengotak agar serbaguna dan bisa dipakai buat keperluan bisnis.

Baca juga: Libur 17 Agustus, Ganjil Genap di Jalur Puncak Berlaku mulai Besok

MPV boxy ini mengusung mesin 660 cc tiga silinder. Untuk varian berturbo sanggup menyemburkan tenaga sebesar 64 PS atau setara 62 Tk dan torsi 91 Nm.

Versi naturally aspirated dapat menghasilkan tenaga 53 PS atau setara 51 tk dan torsi 60 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke penggerak roda belakang (RWD) atau four wheel drive (4WD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau CVT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com