Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kei Car Suzuki Dipajang di Diler, Siap Dijual di Indonesia?

Kompas.com - 09/01/2024, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki bisa dibilang merupakan produsen yang eksis dan konsisten di segmen kei car, dengan terus menelurkan model-model kecilnya.

Namun perkembangan kei car masih terbatas di wilayah Jepang saja. Hal ini karena penelitian dan pengembangan mobil kecil ini disesuaikan dengan karakter wilayah konsumen Jepang yang membutuhkan mobil kecil buat beraktivitas.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa pabrikan asal Jepang itu akan membawa kei car untuk pasar Indonesia. Indikasi ini terungkap dari dua mobil kei car yang terparkir di salah satu diler Suzuki.

Baca juga: Pemilik Avanza dan Xenia Banyak yang Doyan Main Ceper

Tenaga penjual Suzuki mengatakan, kei car tersebut sedang di tes pasar di Indonesia. Kabarnya akan diluncurkan pada akhir 2024.

“Ada tiga model yang akan diluncurkan Hustler, Lapin sama Spacia. Semua bakal masuk Indonesia mulai akhir tahun 2024 ini,” kata tenaga penjual Suzuki, kepada Kompas.com, Selasa (9/1/2024).

Salah satu mobil konsep andalan, Suzuki eWX, calon Kei Car berteknologi BEV di Japan Mobility Show 2023.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Salah satu mobil konsep andalan, Suzuki eWX, calon Kei Car berteknologi BEV di Japan Mobility Show 2023.

Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), memberi tanggapan terkait isu tersebut.

“Masih isu itu,” ucap Harold, saat dikonfirmasi Kompas.com.

Kalau benar masuk ke Tanah Air, secara dimensi kei car bisa bersaing dengan segmen LCGC yang saat ini dijual di Indonesia.

Baca juga: TKDN Fox S 60 Persen, Ikut Aturan Subsidi yang Baru

Namun, kalau bicara soal harga dan kapasitas mesin, kei car berada di rentang harga yang lebih mahal dari LCGC dengan kapasitas mesin yang lebih kecil yakni 660 cc saja. Sehingga untuk menjual kei car di Indonesia tentu jadi tantangan yang cukup besar.

Terlebih saat ini kebutuhan masyarakat Indonesia adalah mobil dengan kapasitas yang cukup besar seperti MPV dan SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com