Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Rekayasa Lalu Lintas Saat Kampanye di GBK Besok

Kompas.com - 09/02/2024, 18:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Dinas Perhubungan Kementerian Perhubungan dan Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas sehubungan adanya kampanye akbar di dua titik, Sabtu (10/2/2024).

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi, mengatakan, sedikitnya ada 5.111 personel yang bertugas melakukan pengamanan.

Adapun dua titik dimaksud ialah Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta Pusat dan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Baca juga: 367.321 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek, Arah Trans-Jawa Mendominasi

Ilustrasi lalu lintas macet KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZES Ilustrasi lalu lintas macet

"Akan ada rekayasa lalu lintas untuk kendaraan yang menuju ke arah dua tempat tersebut. Untuk di GBK, mulai pukul 14.00 WIB sampai 20.00 WIB," kata Ade dalam konfirmasinya, Jumat (9/2/2024).

Dia juga mengatakan di kawasan yang menjadi panggung kampanye terakhir Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu akan diberlakukan car free day (hari tanpa kendaraan bermotor) bagi peserta kampanye.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan, pihaknya akan melakukan penutupan (situasional) pada ruas jalan yang bersinggungan dengan lokasi kampanye di GBK.

Adapun ruas yang terdampak ialah Jalan Pintu 1, Jalan Asia Afrika, Jalan Gerbang Pemuda, Kupingan Senayan - Jalan Gatot Subroto, Jalan Jenderal Sudirman Semanggi, Kupingan Turunan Semanggi, dan Jalur Lambat Semanggi.

Baca juga: Ingat, Jangan Menyerobot Kendaraan Lain Saat Kondisi Jalan Macet

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

 

Dengan adanya penutupan itu, Dishub DKI membuka rute pengalihan yang dapat dilalui selama kegiatan berlangsung, sebagai berikut:

1. Dari arah timur atau selatan menuju utara-Jalan Trunojoyo-Jalan Kapten Tendean-Jalan Terusan HR. Rasuna Said-Jalan HR. Rasuna Said atau Jalan Prof. Dr. Satrio.

2. Dari arah timur atau Pancoran menuju barat atau Tomang masih dapat melintas.

3. Dari arah barat atau Slipi menuju selatan atau Blok M melalui Jalan Gatot Subroto-Putar Balik di Pancoran-Jalan Kapten Tendean-Jalan Trunojoyo.

4. Dari arah utara atau Harmoni menuju selatan atau Blok M melalui Jalan Jenderal Sudirman- Jalan Gatot Subroto-putar balik di Pancoran-Jalan Kapten P Tendean-Jalan Trunojoyo.

"Pengguna jalan diharapkan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas lapangan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com