Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siap Uji Coba Motor Hidrogen Ninja H2 HySE

Kompas.com - 09/02/2024, 16:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Prinsipal Kawasaki di Jepang telah mengungkap pengembangan mesin hidrogen, salah satunya dengan meluncurkan prototipe Kawasaki Ninja H2 HySE.

Kehadiran motor ini menjadi bagian dari promosi penggunaan hidrogen cair sebagai bahan bakar ramah lingkungan di masa depan.

Dilansir dari laman Autoby (9/2/2024), Kawasaki menyatakan bahwa uji coba motor ini akan dimulai pada tahun 2024.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap Jakarta Tidak Berlaku Hari Ini

Kemudian, perkembangan terbaru telah dirilis secara resmi, di mana motor ini akan menggunakan mesin DOHC 998 cc, 4 silinder, 4 tak, turbocharged, yang pada dasarnya merupakan unit milik Ninja H2,

Namun bedanya telah dilengkapi dengan sistem injeksi yang dirancang khusus, yang dapat menyuntikkan bahan bakar hidrogen.

Kawasaki menyatakan bahwa tujuan utama pengembangan motor ini untuk mencapai keseimbangan antara lingkungan dan kesenangan berkendara. Ini juga menciptakan kenikmatan berkendara yang mirip dengan penggunaan BBM.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Facelift Meluncur, Tampilan Lebih Segar

Motor hidrogen Kawasaki Ninja H2 HySEDok. autoby Motor hidrogen Kawasaki Ninja H2 HySE

Selain itu, kendaraan yang akan digunakan dalam uji coba ini kabarnya akan mengambil desain yang sama seperti model prototipe yang dipamerkan pada Desember 2024, yakni berdasarkan Ninja H2 SX sport-tourer andalan perusahaan.

Perbedaannya terletak pada modifikasi kotak bagasi samping, yang awalnya sebagai kompartemen barang, namun menjadi kotak berisi bahan bakar hidrogen.

Di samping ubahan tersebut, penyesuaian akan dilakukan dengan meningkatkan bahan lapisan kotak menjadi lebih tebal, yang sama seperti tangki bahan bakar aslinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com