Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Catat, Ada Perubahan Jadwal Ganjil Genap Jakarta Pekan Ini | Video Honda Civic Nyaris Kena Aquaplaning, Akibat Digeber 140 Kpj Saat Hujan

Kompas.com - 06/02/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 25 jalan utama di wilayah Jakarta akan dikenai pembatasan lalu lintas dengan skema ganjil genap (gage).

Normalnya, gage akan berlangsung selama lima hari kerja mulai Senin sampai Jumat. Namun pada pekan pertama Februari akan ada penyesuaian bertepatan dengan libur nasional isra mikraj pada Kamis (8/2/2024).

Selain itu, hujan lebat dan cuaca basah kian sering melanda banyak wilayah di Indonesia, khususnya selama periode Januari-Februari 2024.

Menghadapi kondisi semacam ini, pengemudi dianjurkan untuk lebih berhati-hati saat melakukan perjalanan. Pasalnya, ada banyak bahaya yang berpotensi terjadi saat cuaca hujan.

Salah satunya adalah aquaplaning atau hydroplaning, kondisi di mana ban mobil gagal menapak dengan sempurna akibat tertahan genanangan air.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 5 Februari 2024:

1. Catat, Ada Perubahan Jadwal Ganjil Genap Jakarta Pekan Ini

Efektifnya, gage pada pekan ini hanya berlangsung selama empat hari saja, yakni mulai Senin (5/2/2024) sampai Rabu (7/2/2024), diliburkan pada Kamis (8/2/2024) dan kembali berlanjut Jumat (9/2/2024).

Aturan ini sejalan dengan ketentuan pada pasal 3 ayat (3) Peraturan Gubernur nomor 88 Tahun 2019, yang menyebut jika ganjil genap Jakarta ditiadakan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Baca juga: Catat, Ada Perubahan Jadwal Ganjil Genap Jakarta Pekan Ini

Pemberlakuan aturan ganjil genap di jalan medan merdekaKOMPAS.com/RIZKY SYAHRIAL Pemberlakuan aturan ganjil genap di jalan medan merdeka
2. Video Honda Civic Nyaris Kena Aquaplaning, Akibat Digeber 140 Kpj Saat Hujan

Mobil honda civic nyaris terkena aquaplaningTangkapan layar instagram Mobil honda civic nyaris terkena aquaplaning

Contoh akan fatalnya bahaya aquaplaning nampak dalam video dashcam unggahan akun @crest_civic di instagram, menunjukkan detik-detik pengemudi mobil yang nyaris terpelanting di jalan tol.

“Terekam dashcam mobil Civic sedang melintas di jalan tol saat jalanan licin, tiba-tiba setir ngebuang ketika lewat genangan air sampai-sampai ni mobil hampir melintir ngesot 180 derajat,” ucap pengunggah video, dikutip Kompas.com, Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Video Honda Civic Nyaris Kena Aquaplaning, Akibat Digeber 140 Kpj Saat Hujan

3. Daftar Harga MPV Mewah Bekas per Februari 2024, mulai Rp 65 Jutaan

Toyota Alphard bekas Silver Bird dijual Rp 600 jutaanKOMPAS.com/FATHAN Toyota Alphard bekas Silver Bird dijual Rp 600 jutaan

Multi purpose vehicle (MPV) premium merupakan mobil impian banyak orang berkat fitur dan kemewahannya. Namun, banderol barunya bisa dikatakan tinggi sehingga tidak banyak konsumen bisa memilikinya.

Kendati demikian, mobil-mobil ini bisa dimiliki dalam kondisi bekas dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Meski sudah tidak seperti kondisi baru, bila Anda bisa memilih dengan baik bisa saja mendapatkan unit prima.

Baca juga: Daftar Harga MPV Mewah Bekas per Februari 2024, mulai Rp 65 Jutaan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com