Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Hidupkan Lagi RE Development Group

Kompas.com - 04/02/2024, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

HIROSHIMA, KOMPAS.com - Mazda Motor Corporation (Mazda) kembali menghidupkan 'RE Development Group' sebuah divisi yang berada di bawah Departemen Pengembangan Teknologi Powertrain.

RE pada RE Development Group merupakan singkatan dari Rotary Engine. Dapat diketahui kembalinya divisi ini untuk mempercepat penelitian dan pengembangan mesin rotari agar sesuai dengan era baru.

Baca juga: Update Harga Motor Sport Bekas 250 cc, mulai Rp 22 Jutaan

Seperti diketahui, mesin rotari memang salah satu unggulan Mazda. Mesin ini bertenaga dan dipakai di mobil-mobil performa tinggi ikonik Mazda seperti RX-7 dan RX-8 yang disuntik mati pada 2012.

Mazda RX-7 kawin silang dengan Porsche 911Dok. @vistecrimports Mazda RX-7 kawin silang dengan Porsche 911

Saat ini mesin rotari yang paling baru disematkan di SUV MX-30 e-Skyactive yang debut di Brussel Motor Show 2023. Walau tidak dijadikan jantung mekanis utama melainkan range extender atau pemanjang daya tempuh.

"RE Development Group akan akan melakukan penelitian dan pengembangan mesin di berbagai bidang termasuk gas buang di pasar-pasar utama serta penerapan bahan bakar netral karbon.

Senior Managing Executive Officer dan Chief Technology Officer (CTO) Ichiro Hirose mengatakan, dalam sejarah Mazda, mesin rotari adalah simbol khusus dari semangat penantang" Mazda.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Subsidi Harga di bawah Rp 10 Juta

Ilustrasi kerja mesin rotary Mazdadok.Carscoops Ilustrasi kerja mesin rotary Mazda

"Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung RE hingga saat ini, dan dengan bangga mengumumkan kelahiran kembali organisasi yang mengembangkan RE, mesin yang dicintai oleh pelanggan di seluruh dunia," ujar Mazda dalam keterangan resmi, Minggu (4/2/2024).

Selama enam tahun terakhir, Hirose mengatakan, para insinyur RE telah jadi bagian dari organisasi pengembangan mesin dengan fokus pada peningkatan efisiensi.

Baca juga: Daftar Harga Honda Mobilio Bekas, Dijual mulai Rp 139 jutaan

"Di era elektrifikasi dan era karbon- masyarakat netral, kami berjanji untuk terus menghadirkan mobil menarik yang menggairahkan pelanggan dengan 'semangat tantangan' kami," katanya.

Garasi Drift siapkan hadiah Mazda RX-8 yang telah dimodifikasi untuk para penggemarnyaDok. Garasi Drift Garasi Drift siapkan hadiah Mazda RX-8 yang telah dimodifikasi untuk para penggemarnya

Mesin rotari dikenal dengan dengan mesin wankel, yaitu mesin yang menghasilkan energi atau pembakaran melalui gerakan rotasi.

Pembakarannya, dihasilkan dari piston segitiga yang berputar pada rotor yang digerakkan oleh poros. Mesin Wankel diciptakan oleh Dr Felix Wankel, seorang insinyur mesin dari Jerman pada 1954.

Mesin rotari merupakan bagian sejarah kesuksesan Mazda sejak pertama kali diperkenalkan, tepatnya pada 30 Mei 1967 pada Cosmo Sport 110S.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com