Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2023, Blue Bird Klaim Tekan 27.000 Ton Emisi Karbon

Kompas.com - 26/01/2024, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Blue Bird berkomitmen mengurangi emisi karbon dan limbah operasional seperti yang tercakup dalam Visi Keberlanjutan 50:30, yaitu menekan emisi hingga 50 persen pada 2030.

Dalam upaya mencapai visi tersebut, emiten taksi milik keluarga Djokosoetono ini telah melakukan berbagai langkah melalui tiga pilar utama, yaitu BlueSky, BlueLife, dan BlueCorps, yang dimulai sejak 2022.

Baca juga: Bahaya Nyata Nekat Menerobos Lampu Merah

Rinciannya, BlueSky adalah komitmen terhadap lingkungan, BlueLife merupakan komitmen terhadap kesejahteraan sosial, dan BlueCorps adalah komitmen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik.

Direktur Utama PT Bluebird Tbk, Adrianto DjokosoetonoFoto: KOMPAS.com/Dori Direktur Utama PT Bluebird Tbk, Adrianto Djokosoetono

Direktur Utama PT Bluebird Tbk Adrianto Djokosoetono mengatakan, meski terkesan baru diluncurkan karena start pada 2022, tapi Blue Bird telah menjalankan inisiatif keberlanjutan jauh sebelum itu.

“Sejak didirikan tahun 1972, Blue Bird telah memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kehidupan sosial. Nilai ini yang melandasi kami meluncurkan Visi Keberlanjutan 50:30 dua tahun lalu," kata Adri di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Luhut Sebut Tesla Tidak 100 Persen Pakai Baterai LFP

Berkat tiga pilar tersebut, tahun lalu Blue Bird dapat mengurangi kurang lebih 27.000 ton emisi karbon, akumulasi dari penggunaan mobil listrik, mobil yang dipasang kit compressed natural gas (CNG), serta panel surya.

Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75DKompas.com/Setyo Adi Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

"Sudah banyak program dan kegiatan yang kami lakukan untuk mendukung tercapainya visi itu. Blue Bird mencatatkan capaian positif dalam perbaikan lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan tata kelola perusahaan,” kata Adri.

Blue Bird juga sudah mengoperasikan mobil listrik sebagai taksi sejak 2019. Jumlahnya saat ini sekitar 200 unit, unitnya beragam mulai dari  BYD e6, BYD T3, Tesla S 75 D, dan Hyundai Ioniq 5.

Blue Bird juga berkolaborasi dengan BMW Indonesia mengoperasikan mobil listrik BMW iX yang masuk pada jajaran E-Golden Bird.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com