Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Ingin Bikin Merek Baru, Lebih Mewah dari Lexus

Kompas.com - 25/01/2024, 15:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Carscoops


TOKYO, KOMPAS.com - Toyota berencana untuk menelurkan satu lagi merek mewah selain Lexus. Desas-desus yang beredar Toyota akan memisahkan salah satu modelnya, yaitu Toyota Century untuk berdiri sendiri.

Seorang eksekutif anonim Toyota menyebut pihaknya saat ini sedang menjajaki kemungkinan untuk memisahkan merek Century menjadi entitas sendiri. Bila terwujud maka posisi Century akan berada di atas Lexus.

Baca juga: BMW G310 GS Turun Harga, Kini mulai Rp 140 Jutaan

Dalam laporan Carscoops, selama ini Lexus menjadi andalan di segmen mewah meski pada akhirnya levelnya bertarung dengan merek-merek Eropa terutama Jerman. Di sisi lain Toyota ingin ada merek baru untuk segmen ultra mewah.

Toyota Century SUVDok. Toyota Toyota Century SUV
Sedikit kilas balik, pada September 2023 Toyota meluncurkan SUV Century dan mobil tersebut sudah tidak menggunakan logo Toyota. SUV Century sendiri dijadwalkan meluncur ke seluruh dunia, termasuk Timur Tengah, Eropa, dan Amerika.

Rencana Toyota membidik pasar ultra mewah di atas Lexus sebetulnya merupakan pertaruhan merek. Namun hal ini bukanlah langkah pertama Toyota yang mencoba memasuki pasar kelas atas dengan merek baru.

Century memiliki akar yang kuat dalam sejarah toyota karena pertama kali hadir pada 1967 atau sudah berumur 57 tahun. Ketika itu Century hadir sebagai limusin pertama dan memang diposting sebagai mobil premium.

Baca juga: Toyota Hilux Rangga Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 5 Juta

Inspeksi Toyota Century SUVDok. Toyota Inspeksi Toyota Century SUV

Selain mewah salah satu keunggulan Century ialah mengusung mesin besar. Jantungnya dibekali mesin V8, kemudian pilihan mesinnya makin besar yaitu V12, dan akhirnya menggunakan powertrain hybrid V8.

Perlakukan Century sendiri memang berbeda dari model Toyota lainnya atau dibandingkan sedan mewah Toyota Crown. SUV Century saat ini dibuat oleh sekelompok pekerja terpilih yang terdiri dari 40 pekerja.

Tiap pekerja harus menyelesaikan ujian agar memenuhi syarat masuk tim. Kemudian tiap orang membutuhkan waktu 12 kali lebih lama dibandingkan pekerja di jalur lain untuk mengencangkan baut dan merakit komponen dengan sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com