Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Mobil Diesel Diisi Bensin Oktan Tinggi untuk Campuran

Kompas.com - 20/01/2024, 14:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil dengan mesin diesel normalnya diisi bahan bakar solar. Hal ini berkaitan dengan spesifikasi mesin yang memang didesain khusus untuk dapat membakar jenis BBM tanpa percikan bunga api.

Jenis BBM solar akan dikompres sampai pada tekanan tertentu lalu BBM akan dikabutkan pada waktu yang tepat. Maka pembakaran akan terjadi dengan sendirinya.

Sebagian orang percaya mencampur jenis BBM oktan tinggi sebagai bahan bakar mesin diesel dapat mendongkrak performa. Seperti pada video yang beredar, sebuah mobil diesel diisi bensin beroktan tinggi.

Baca juga: Seberapa Irit BBM Terios Saat Bertualang di Ternate dan Halmahera?

@yudi.wy

 

? EMANG BOLEH? EMANG BOLEH? (Sad Vibes) - DJ Koe Koe

 

Dalam video tersebut dijelaskan pengisian bensin hanya satu liter untuk dicampur pada tangki BBM. Tampak petugas SPBU juga kebingungan dengan permintaan konsumen.

Dhoni, Sopir Truk Ekspedisi mengatakan pencampuran bensin beroktan tinggi dengan sejumlah solar biasa dilakukan oleh sopir truk.

“Dulu saya juga melakukan, satu liter bensin untuk solar penuh, tapi sejak kejadian injektor rusak tidak lagi mencampur bensin sebagai pendongkrak tenaga, secara tenaga memang ada bedanya sih,” ucap Dhoni kepada Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: Mobil Diesel Baru Bisa Pakai Solar Murah, tapi Ingat Risikonya

Ilustrasi Bahan Bakar Minyak (BBM) milik ShellKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi Bahan Bakar Minyak (BBM) milik Shell

Dhoni mengatakan, biaya penggantian injektor lumayan besar karena harus menggantinya satu set dengan harga Rp 12 jutaan untuk unit Isuzu GVR 285. Hal itu membuat dirinya kapok mencampur solar dengan bensin.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan tidak direkomendasikan mencampur bensin dengan solar sebagai penambah tenaga.

“Kendati banyak dilakukan oleh sopir-sopir truk, saya pribadi tidak merekomendasikan hal tersebut, menurut saya sebaiknya mobil diesel pakai BBM berkualitas sejak awal saja sudah cukup,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Baca juga: Hitung-hitungan kalau Mobil Pakai Solar Biasa dan Injektor Rusak

Update harga BBM di SPBU Pertamina per 1 Januari 2024 mulai dari Pertalite, Pertamax, Pertamax Green, Pertamax Turbo, Dexlite, hingga Pertamina DexKOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Update harga BBM di SPBU Pertamina per 1 Januari 2024 mulai dari Pertalite, Pertamax, Pertamax Green, Pertamax Turbo, Dexlite, hingga Pertamina Dex

Esa, Pemilik Bengkel Spesialis Esa Diesel Solo mengatakan tidak boleh bahan bakar untuk mesin diesel dicampur bensin beroktan tinggi demi menaikkan performa.

“Jangan! Secara peningkatan performa itu terjadi hanya sesaat, sedangkan dampaknya lebih banyak karena bahan bakar yang digunakan tidak sesuai,” ucap Esa kepada Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Esa mengatakan jika pencampuran bensin dengan solar dilakukan secara rutin dapat merusak komponen pada mesin diesel.

Baca juga: Sering Pakai Solar Murah, Ini Harga Injektor Ford Everest kalau Rusak


“Seperti supply pump dan injektor itu mudah rusak, lalu dari segi suhu mesin menjadi mudah cepat panas, piston menjadi rawan rusak,” ucap Esa.

Jadi, mencampur solar dengan bensin beroktan tinggi sebagai penambah tenaga bukan keputusan bijak karena dampaknya lebih banyak daripada manfaat yang dihasilkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com