Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Rusak Saat di Car Wash, Apakah Dapat Ganti Rugi?

Kompas.com - 19/01/2024, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan mobil saat cuci di carwash beberapa kali sempat terjadi. Salah satunya seperti kejadian yang diunggah oleh akun TikTok bernama @bagusrahmad1.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok bernama @bagusrahmad1, terlihat Honda Brio masuk ke dalam selokan dengan keadaan terbalik.

Dijelaskan dalam narasi tersebut bahwa mobil sedang di cuci di salah satu carwash. Sayangnya, tidak disebutkan kapan dan di mana lokasi peristiwa itu terjadi.

Hidup lagi capek-capeknya mobil di cemplungin sama car wash,” tulis narasi dalam video tersebut.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa AC Mobil Terlalu Dingin Harus Segera Diperbaiki

Belum diketahui secara pasti kronologi atau penyebab kejadian tersebut. Sejumlah warganet yang memberikan komentar berspekulasi bahwa kecelakaan terjadi lantaran mobil hendak dicuci dengan metode hidrolik dan dikemudikan oleh pegawai carwash yang belum lancar.

Banyak juga dari mereka yang penasaran apakah pemilik kendaraan akan mendapat ganti rugi sepenuhnya dari kejadian ini?

“Harusnya car wash punya satu orang saja buat nyetirin mobil orang. Ini saya lihat orang belajar nyetir pun dikasih,” tulis komentar Teluk Mandar.

“Saya tiap ke car wash pasti nanya dulu bisa nyetir matic apa gak takut kayak gini,” tulis akun Umbi-umbian.

“Diganti baru apa gimana om?,” tulis komentar Berisikcuy.

@bagusrahmad1 kencana nyo kencana #brioindonesia #brem #kencana ? suara asli - Anak e Bakul Bakso Besar

 

Adam, pemilik Andhika Snow Car Wash di Bekasi Jawa Barat mengatakan, jika ada insiden kecelakaan yang menimbulkan kerusakan pada kendaraan konsumen, sebagai pemilik ia akan bertanggung jawab sepenuhnya.

“Semua tanggung jawab dari saya sebagai pemilik, karena biasanya konsumen tidak mau tahu. Contoh, ada pegawai saya sering serempet sama mobil konsumen lain, mau tidak mau saya harus mengganti kerugian dengan perbaikan ke bengkel rekanan,” ucap Adam, kepada Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

Adam melanjutkan, di car wash miliknya, setiap karyawan yang akan bekerja biasanya diberikan pelatihan seminggu. Kemudian dirinya akan menyaring karyawan yang sudah mahir membawa mobil dan belum bisa mengendarai mobil.

Baca juga: Modifikasi Knalpot Mobil Tidak Boleh Sembarangan, Bisa Kebakaran

“Biasanya yang belum dilatih terlebih dahulu maju mundur sama kenalin jenis mobilnya (matic sama manual), putar balik, pindahkan mobil ke hidrolic. Sementara yang sudah mahir itu tinggal dilatih cara kerjanya saja, bersih atau enggak. Kalau soal punya SIM itu tidak terlalu penting buat saya karenakan pegawai cuma maju mundur saja,” kata Adam.

Sementara itu, Haikal Qasthalani Muharam, pemilik Ceria Carwash di Jalan Raya Mauk, Sepatan, Tangerang, mengatakan, untuk menghindari kecelakaan di car wash, pemindahan mobil naik ke atas mobil wajib dilakukan oleh karyawannya.

Hal itu dilakukan karyawan sesuai dengan SOP yang ada, sehingga bisa meminimalisir kejadian kecelakaan mobil di car wash.

“Karena kalau pemilik kendaraan yang menaikan mobil ke atas hidrolik banyak risikonya, seperti licin, atau kita juga tidak tahu si pemilik ini sudah benar-benar mahir atau belum bawa mobil. Karena ada kejadian di tempat lain pas mau menaikan mobil ke hidrolik, dia injak gas bukan rem,” kata Haikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com