Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Mobil Listrik Terlaris 2023, Ini Harga Kampas Rem Ioniq 5

Kompas.com - 18/01/2024, 08:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Hyundai Ioniq 5 menjadi mobil listrik terlaris dengan jumlah penjualan 7.482 unit sepanjang Januari-Desember 2023.

Selain memiliki desain sporty, Ioniq 5 juga dibekali banyak fitur dan teknologi modern sehingga digemari oleh masyarakat Indonesia. 

Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Berstatus Mobil Listrik Terlaris Indonesia 2023

Test drive Hyundai Ioniq 5 Bluelinkedij@nw@ri Test drive Hyundai Ioniq 5 Bluelink

Bicara mengenai perawatan, mobil listrik ini juga diklaim minim biaya, sehingga konsumen bisa lebih menghemat dana operasional.

Arif Nugroho, Service Advisor Hyundai Solo Baru mengatakan selama periode servis gratis sampai 75.000 Km tidak membutuhkan penggantian komponen kecuali filter AC dan barang yang habis karena pemakaian.

“Filter AC wajib diganti tiap servis atau 15.000 Km secara gratis selama masa free service, konsumen tidak akan dibebankan biaya servis sama sekali, kecuali ada komponen yang habis masa pakainya seperti kampas rem,” ucap Arif kepada Kompas.com, Minggu, (14/1/2024).

Baca juga: Harga Hyundai Ioniq 5 Naik Terus, Mobil Listrik China Semakin Murah

Paddle shifter pada Hyundai Ioniq 5 BluelinkKompas.com/Donny Paddle shifter pada Hyundai Ioniq 5 Bluelink

Penggantian kampas rem mungkin dibutuhkan ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 100.000 Km. Mobil listrik ini masih menggunakan kampas rem seperti pada mobil konvensional.

“Untuk ganti kampas rem pada Ioniq 5 bisa dibilang harganya sebanding dengan mobil-mobil konvensional lain sekelasnya, sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta, itu harga yang wajar,” ucap Arif.

Arif mengatakan waktu penggantian kampas rem juga tergantung dari pemakaian. Pasalnya, pada Ioniq 5 terdapat paddle shifter atau rem regeneratif dari motor listrik.

Baca juga: Adu Performa Mobil Listrik, MG4 EV Lawan Hyundai Ioniq 5


“Semakin tinggi level rem regeneratif yang digunakan maka semakin besar gaya engine brake yang dirasakan, ini bisa membantu peran rem utama sehingga sangat mungkin dapat menghemat kampas remnya,” ucap Aif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com