Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Pamer Ioniq 5 dengan Teknologi Canggih di CES 2024

Kompas.com - 11/01/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Mobis memamerkan konsep Mobion di Consumer Electronics Show (CES) 2024.

Konsep Mobion ini menggunakan mobil Ioniq 5 sebagai dasar, dengan desain bumper yang lebih unik serta sektor pencahayaan baru.

Dikutip dari Carscoops, Kamis (11/1/2024), sektor pencahayaan terbaru ini dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pejalan kaki dan pengemudi lain.

Baca juga: Toyota HiAce Dapat Pilihan Warna Baru

Sebagai contoh, lampu belakang belakang dapat memperingatkan pengguna jalan lain akan keberadaan pejalan kaki di penyeberangan meskipun pengguna jalan tersebut tidak dapat melihatnya.

Sistem ini bahkan dapat memproyeksikan garis penyeberangan untuk menunjukkan kepada pejalan kaki ke mana mereka harus berjalan.

Konsep Mobion Hyundai Ioniq 5Doc Carscoops Konsep Mobion Hyundai Ioniq 5

Paling menarik adalah Sistem e-Corner yang dipamerkan di CES 2024. Hyundai Mobis tidak menjelaskan secara rinci, tetapi sistem ini menggabungkan motor listrik dengan fungsi kemudi, pengereman, dan suspensi. Hal ini memungkinkan setiap roda untuk bertindak secara independen dari yang lain.

Roda dapat berputar serta mengemudi secara diagonal dan menyamping. Tak hanya itu, model ini juga bisa berputar 360 derajat.

Mobil konsep ini juga telah dilengkapi dengan dua sensor lidar jarak pendek yang diposisikan di dekat lampu depan. Sensor tersebut juga tergabung dengan lidar jarak jauh yang dipasang di fascia depan.

Konsep Mobion Hyundai Ioniq 5Doc Carscoops Konsep Mobion Hyundai Ioniq 5

Hyundai Mobis mengklaim bahwa konfigurasi ini bisa secara efektif mengenali objek di sekitarnya, terutama selama manuver seperti mengubah jalur secara diagonal.

Baca juga: Red Bull Resmi Hilang dari Daftar Sponsor Honda MotoGP

Dalam sebuah pernyataan, Wakil Presiden Hyundai Mobis Lee Seung-Hwan mengatakan bahwa konsep Mobion mewakili perwujudan dari teknologi inti mereka dan siap untuk segera diproduksi secara massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com