Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Paling Mudah Rawat Keyless Mobil

Kompas.com - 17/01/2024, 17:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi kunci kontak model keyless diklaim sangat memudahkan pemilik mobil. Lewat keyless, pemegang kunci bisa membuka dan menutup pintu dengan menekan tombol yang tersedia.

Rafi’i Sinurat, kepala bengkel di Astra Peugeot Sunter, Jakarta Utara, cara kerja keyless yaitu mencari sinyal atau gelombang radio yang terpancar dari mobil sehingga kunci akan terbuka.

Baca juga: Hyundai Creta Facelift Meluncur di India, Harga Rp 200 Jutaan

 

Peugeot 5008Astra Peugeot Peugeot 5008

Fitur ini merupakan inovasi teknologi terbaru pada industri otomotif. Tujuan untuk kepraktisan penggunaan mobil. Diartikan keyless adalah tanpa kunci yang dirancang sebagai pengganti kunci mobil manual,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (17/1/2024).

Rafi’i mengatakan, meski penggunaan Keyless pada mobil terbilang lebih praktis dan aman fitur ini tetap memiliki kekurangan, yaitu bisa mati secara tiba-tiba.

"Penyebabnya bisa saja baterai di dalam Keyless habis, ataupun keyless terendam air. Oleh karena itu pemilik harus selalu mengecek kondisi keyless," ujarnya.

Baca juga: Hasil Uji Tipe Gran Max Dicabut, Toyota Bakal Lakukan Revitalisasi

 

Peugeot 5008PT Astra International Tbk - Peugeot Peugeot 5008

Rafi'i mengatakan, ciri-ciri baterai Keyless mulai habis biasanya bagian lampu indikatornya redup. Atau saat digunakan sering sekali tidak memberikan respons sinyal terhadap mobil.

"Seperti diketahui, keyless memanfaatkan gelombang radio sebagai sinyal untuk menyalakan mesin mobil ataupun membuka dan menutup pintu mobil," ujarnya.

"Bila baterai habis, segera ganti dengan baterai yang baru. Jangan lupa untuk menjauhkan keyless dari air agar tidak rusak," ujar Rafi'i.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com