Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Trans Jatim Tambah Dua Trayek Baru

Kompas.com - 17/01/2024, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur  dalam waktu dekat ini akan meluncurkan trayek baru layanan bus Trans Jatim. Perluasan layanan bus Trans Jatim ini yakni dengan menambah rute bus koridor IV dan koridor V. 

Adapun untuk Koridor IV akan melayani perjalanan dari Terminal Bunder, Geresik ke Terminal Paciran, Lamongan dengan operasional 20 armada bus. Sementara untuk koridor V akan melayani rute Surabaya – Bangkalan dengan operasional 20 armada bus.

Berdasarkan unggahan dari Instagram @dishubjatim, Koridor IV rute Gresik - Lamongan merupakan wilayah yang dianggap penting.

Hal ini karena yang dilintasi merupakan area industri yang sedang berkembang sehingga memudahkan tenaga kerja menggunakan sarana angkutan yang memadai.

Layanan ini akan terintegrasi antar moda dengan kapal di Pelabuhan Paciran baik itu kapal angkutan orang ataupun barang.

Baca juga: Gagasan Anies dan Ganjar Gabung Jika Pilpres 2 Putaran Dinilai Terlalu Dini

Sementara koridor V dengan rute Surabaya-Bangkalan juga diprioritaskan karena akan membantu masyarakat setempat untuk lebih menjangkau pusat ekonomi dan pemerintahan di Surabaya. 

Bus Trans JatimKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus Trans Jatim

Baca juga: Gran Max Pikap Dites Tabrak, Imbas Skandal Kecurangan Daihatsu

"Tercatat, Trans Jatim pada Tahun 2023 sudah ada III koridor yang beroperasi. Koridor I berhasil memindahkan atau pola shifting masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi (R2 / R4) beralih menggunakan Trans Jatim dengan Loadfactor 115 persen di tahun 2023," tulis akun Instagram @dishubjatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com