Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Freed Gagal Nanjak di Sikarim-Sikunir Dieng, Hampir Masuk Jurang

Kompas.com - 17/01/2024, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral video di media sosial yang memperlihatkan satu unit mobil nyaris masuk jurang lantaran gagal melintas di tanjakan.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun TikTok @sikunirvibes. Dalam tayangan itu, terlihat mobil Honda Freed yang terperosok dan hampir masuk jurang karena gagal melibas tanjakan Sikarim, Sikunir, yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo.

Tampak sejumlah orang membantu proses evakuasi untuk menarik mobil tersebut keluar dari tepi jurang.

Baca juga: Pola Kerja WFO Picu Angka Kecelakaan Lalu Lintas

“Info laka, mobil pelat K tidak kuat nanjak di tanjakan Sikarim dan akhirnya terjun bebas ke bahu jalan, untung tidak sampai terjun ke jurang,” ucap pria yang merekam video tersebut.

Sebagai informasi, jalur Sikarim, Sikunir, Dieng-Wonosobo memang terkenal ekstrem. Kondisi jalan tersebut dipenuhi dengan curamnya turunan dan terjalnya tanjakan, sehingga bagi pengemudi yang tidak menguasai medan tidak disarankan untuk melewati jalur tersebut.

@sikunirvibes Laka MOBIL tidak kuat nanjak dan mobil hampir masuk jurang di tanjakan sikarim, himbauan lagi buat semua wisatawan yang mau ke Sikunir mending lewat jalur utama demi keselamatan. Hindari jalur Sikarim-sikunir jika memang sekiranya belum tau medan dan kondisi mobil tidak dalam keadaan Prima. selalu utamakan keselamatan dalam berkendara dan gunakan jalur umum untuk akses lebih mudah. #sikunir #sikarim #jalurextream #lakalantas #dieng #wonosobo ? suara asli - Sikunir Vibes

“Jalur tersebut sebenarnya bukan jalan umum tapo jalur untuk masyarakat yang naik motor mengangkut hasil bumi yang memotong jalur sebenarnya. Motor saja kesulitan lewat situ, selain curam, berliku-liku, alasnya licin dan berbatu, trek nya juga sempit,” ucap Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana (SDCI), Rabu (17/1/2024).

Menurut Sony, jalur tersebut memang tidak direkomendasikan untuk dilewati mobil. Kecuali, mobil sudah dilengkapi dengan aksesori yang mumpuni, seperti double gardan, winch dan ban MT.

Baca juga: Ulasan Komplit Fitur Mitsubishi XForce

“Biasanya penduduk setempat juga sudah mengingatkan di awal, tetapi kadang banyak yang tidak mau dengar atau cuacanya buruk menghambat komunikasi,” kata Sony.

Sony melanjutkan, dalam menuju lokasi atau suatu tempat sebaiknya pengemudi jangan hanya mempertimbangkan jarak yang dekat. Namun wajib untuk memperhatikan risiko lainnya.

“Kadang pengemudi hanya mempertimbangkan jarak yang dekat tetapi kurang memperhatikan faktor resiko bahaya. Kembali lagi kepada pilihan masing-masing, cari info rute sebanyak-banyaknya sebelum melangkah. Jangan gegabah, pertimbangkan cari jalur dan rute yang paling aman,” ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com