Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Menyalip yang Aman Pakai Mobil Matik

Kompas.com - 17/01/2024, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil matik banyak diandalkan oleh masyarakat karena lebih mudah dioperasikan. Hanya cukup menggunakan satu posisi tuas matik maka percepatan dan permainan kopling dijalankan secara otomatis oleh sistem.

Kendati demikian, mobil matik kerap dianggap lemot oleh sebagian orang terutama saat hendak menyalip kendaraan di depan. Menghadapi hal tersebut, beberapa ahli menyarankan untuk melakukan teknik khusus.

Jika pengoperasian mobil matik dilakukan dengan benar, maka menyalip kendaraan bukanlah hal yang sulit, bahkan tarikan mobil matik bisa lebih terasa.

Baca juga: Kenali Penyebab Bunyi Jedug pada Transmisi Mobil Matik

Tuas Transmisi Wuling New Almaz RSKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tuas Transmisi Wuling New Almaz RS

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan pada mobil matik terdapat tombol OD OFF yang dapat digunakan untuk mengatasi kesan lemot pada mobil matik.

“Ketika tombol OD OFF diaktifkan maka saat itu juga percepatan transmisi dibikin tidak berada di posisi teratas, satu level lebih rendah, seperti yang diketahui semakin rendah gigi percepatan maka responsivitas mobil lebih baik,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (16/1/2024).

Tombol OD OFF bisa digunakan saat pengemudi ingin menyalip atau menanjak dengan kondisi laju mobil konstan pada kecepatan tertentu.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bikin Umur Transmisi Matik Jadi Lebih Pendek

Transmisi Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Transmisi Wuling Alvez dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). Alvez punya tiga tipe, yaitu SE seharga Rp 209 juta, tipe CE seharga Rp 255 juta, dan tipe EX seharga Rp 295 juta.

“Dengan demikian gigi percepatan sudah disiapkan lebih rendah dari awal, selanjutnya pengemudi cukup melakukan kickdown atau menginjak pedal gas secara spontan maka secara otomatis lebih responsif,” ucap Hardi.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan, tingkat responsif mobil matik dengan mobil manual tak jauh berbeda, asalkan pengoperasiannya benar.

"Saat menyalip, pengemudi disarankan untuk menggeser tuas transmisi otomatis dari posisi D ke posisi D-3. Usai mendahului, baru kembalikan tuas ke posisi D. Tapi pastikan jarak yang akan diambil aman," kata Bambang, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemilik Mobil Matik, Jangan Buru-buru Saat Mau Berangkat Pagi


Selain itu, bisa juga dengan melakukan kickdown. Kickdown pada mobil matik artinya menekan pedal gas lebih dalam sehingga, sistem akan membuat percepatan turun ke gigi lebih rendah untuk menghasilkan torsi yang besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com