Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Freed Gagal Nanjak di Sikarim-Sikunir Dieng, Hampir Masuk Jurang

Rekaman tersebut diunggah oleh akun TikTok @sikunirvibes. Dalam tayangan itu, terlihat mobil Honda Freed yang terperosok dan hampir masuk jurang karena gagal melibas tanjakan Sikarim, Sikunir, yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo.

Tampak sejumlah orang membantu proses evakuasi untuk menarik mobil tersebut keluar dari tepi jurang.

“Info laka, mobil pelat K tidak kuat nanjak di tanjakan Sikarim dan akhirnya terjun bebas ke bahu jalan, untung tidak sampai terjun ke jurang,” ucap pria yang merekam video tersebut.

Sebagai informasi, jalur Sikarim, Sikunir, Dieng-Wonosobo memang terkenal ekstrem. Kondisi jalan tersebut dipenuhi dengan curamnya turunan dan terjalnya tanjakan, sehingga bagi pengemudi yang tidak menguasai medan tidak disarankan untuk melewati jalur tersebut.

Menurut Sony, jalur tersebut memang tidak direkomendasikan untuk dilewati mobil. Kecuali, mobil sudah dilengkapi dengan aksesori yang mumpuni, seperti double gardan, winch dan ban MT.

“Biasanya penduduk setempat juga sudah mengingatkan di awal, tetapi kadang banyak yang tidak mau dengar atau cuacanya buruk menghambat komunikasi,” kata Sony.

Sony melanjutkan, dalam menuju lokasi atau suatu tempat sebaiknya pengemudi jangan hanya mempertimbangkan jarak yang dekat. Namun wajib untuk memperhatikan risiko lainnya.

“Kadang pengemudi hanya mempertimbangkan jarak yang dekat tetapi kurang memperhatikan faktor resiko bahaya. Kembali lagi kepada pilihan masing-masing, cari info rute sebanyak-banyaknya sebelum melangkah. Jangan gegabah, pertimbangkan cari jalur dan rute yang paling aman,” ucap Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/17/150100715/honda-freed-gagal-nanjak-di-sikarim-sikunir-dieng-hampir-masuk-jurang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke