Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi 5 Skutik Bekas Harga Rp 10 Jutaan, Ada Aerox dan PCX

Kompas.com - 11/01/2024, 14:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Periode awal tahun bisa jadi momen tepat bagi konsumen untuk membeli skutik bekas. Selain karena harganya murah, ada juga peluang untuk mendapatkan lansiran tahun muda.

Mencari motor bekas jenis skutik juga bisa dibilang gampang-gampang susah, khususnya bagi konsumen yang sangat menekan anggaran tapi mengharapkan kualitas baik, harus mengeluarkan usaha lebih saat berburu di bursa dan sentra otomotif.

Jika konsumen hendak mencari skutik bekas berkualitas, anggaran paling aman adalah sekitar Rp 10 juta sampai Rp 20 juta. Karena di rentang harga tersebut, opsinya cukup variatif dan kualitas unitnya cenderung sangat baik.

Redaksi Kompas.com telah melakukan penelusuran di beberapa bursa motor bekas daring, Kamis (11/1/2024), dan mencari beberapa unit skutik menarik dalam kondisi baik. Ada 5 rekomendasi skutik bekas yang menarik untuk dilirik.

Baca juga: Penampakan Siluet Motor Yamaha, Lexi Model Baru?

Yamaha Gear 125Kompas.com/Donny Yamaha Gear 125

Pilihannya juga cukup beragam, mulai dari Yamaha Gear, sampai Honda PCX, berikut rinciannya :

1) Yamaha Gear 125 (2022)

Opsi pertama adalah Yamaha Gear 125, skutik lansiran 2022 ini cukup sering dijumpai di bursa motor bekas. Kualitasnya cenderung baik baik di sektor bodi atau mesin, dengan pajak hidup hingga 2027.

Berdasarkan keterangan penjual, skutik dengan mesin berkapasitas 125 cc ini memiliki odometer sebesar 15.559 kilometer, dan estimasi jarak tempuh per-tahun adalah sekitar 5.180 kilometer. Angka ini terbilang rendah jadi mesin diharapkan dalam kondisi cukup baik.

Skutik ini disediakan diler motor bekas di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, dengan biaya mahar Rp 13 juta. Penjual juga memastikan jika opsi negosiasi masih terbuka, jadi ada peluang konsumen mendapatkan harga lebih rendah

Baca juga: Awali 2024, KTB Umumkan Nakhoda Baru

Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSKompas.com/Donny Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

2) Yamaha Aerox 155 FI Bluecore (2018)

Rekomendasi kedua berjenis skutik gambot alias skutik berukuran besar, yakni Yamaha Aerox 155 lansiran 2018. Kualitasnya cukup baik dan masih tangan pertama. Dokumen dan surat wajibnya lengkap, serta pajak hidup hingga 2027.

Odometer dari skutik gambot dengan mesin berkapasitas 155 cc ini juga cukup rendah, yakni 28.844 kilometer. Jika dikalkulasi dengan waktu lansirannya, jarak tempuh per-tahunnya adalah sekitar 4.120 kilometer. Angka ini tergolong rendah jadi kodisi mesin diharapkan cukup baik.

Skutik gambot ini dijual di diler motor bekas di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, dengan banderol Rp 16,95 juta. Penjual mengklaim jika harga ini sudah nett alias tidak bisa ditawar.

Baca juga: Honda Monkey KW Dijual Rp 17 Jutaan, Alternatif untuk Bahan Modifikasi

Ilustrasi motor bekasKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ilustrasi motor bekas

3) Honda Vario 150 ISS (2019)

Selanjutnya, ada pula Honda Vario 150 yang menarik untuk dipinang. Keunggulan dari skutik bekas ini adalah sudah dilengkapi teknologi ISS alias keyless, diharapkan jauh lebih aman dari pencurian dan kebobolan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com