Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Pamerkan Van Listrik Modular, Bisa Ganti Bodi

Kompas.com - 09/01/2024, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki era elektrifikasi, Kia memamerkan tiga kendaraan listrik konsep di Consumer Electronics Show (CES) 2024. Ketiga mobil tersebut adalah PV1, PV5, dan PV7.

Dikutip dari Carscoops, Selasa (9/1/2024), model pertama dari seri PV yang diluncurkan adalah PV5. Kendaraan ini akan tersedia dalam berbagai pilihan body, sehingga pelanggan bisa memilih sesuai kebutuhan.

Perseroan mengungkapkan, PV5 tetap dilengkapi dengan zona pengemudi. Sementara di bagian atas terdapat teknologi yang bisa mengubah body mobil sesuai dengan keinginan penggunanya.

Baca juga: Video Viral Ambulans Naik Truk Nyalakan Sirine, Ini yang Terjadi

Kia tidak menjelaskan lebih rinci tentang teknologi ini, namun seharusnya bisa membuat penggantian bodi lebih cepat dan lebih mudah.

Kia berencana untuk menawarkan gaya bodi Basic, Van, High Roof, dan Chassis Cab. Seperti halnya eksterior, kursi dan kompartemen penyimpanan pada kendaraan ini juga dapat dipindahkan dan dilepas, untuk memungkinkan van pengiriman dengan cepat diubah menjadi taksi.

Kia Meluncurkan Konsep Van Listrik PV Baru Doc Carscoops Kia Meluncurkan Konsep Van Listrik PV Baru

Kia belum mengungkapkan banyak hal tentang PV1 dan PV7, namun disebutkan bahwa PV7 akan menjadi yang terbesar dalam jajaran produknya, dan akan menawarkan jarak tempuh yang mengesankan. Sementara itu, PV1 akan menjadi model terkecil, dan dirancang untuk kota dan ruang sempit lainnya.

"Kami berharap dapat membuat hidup pelanggan kami lebih mudah dan lebih baik, baik saat mereka tidak bergerak maupun saat bepergian, dengan menawarkan fleksibilitas dan penyesuaian yang luar biasa melalui modularisasi yang radikal,” ucap Karim Habib, kepala Kia Global Design.

Tak hanya itu, Kia berencana untuk mengembangkan perangkat lunak bisnis khusus untuk membantu pemilik mengelola armada mereka.

Kia Meluncurkan Konsep Van Listrik PV Baru Doc Carscoops Kia Meluncurkan Konsep Van Listrik PV Baru

Kabarnya kendaraan seri PV juga akan menggunakan teknologi AI untuk memberikan saran perawatan prediktif dan program pengisian daya yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pelanggan.

Baca juga: Peluncuran Polytron T-Rex Ditunda, Masih Pilih Spesifikasi yang Pas

Mobil listrik konsep ini tampaknya bakal segera diproduksi dalam waktu dekat. Sebab, Kia berencana untuk membuka pabrik yang didedikasikan untuk PBV di Korea. Pabrik ini diharapkan mulai beroperasi pada tahun 2025, dan memiliki kapasitas tahunan sebesar 150.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com