Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Mobil yang Suku Cadang Spion Susah Dicari

Kompas.com - 09/01/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Spion mobil rusak memang menjengkelkan. Selain membuat jelek penampilan juga membuat pengendara kesulitan untuk melihat kondisi ke belakang.

Spoin rusak pun bermacam-macam, ada kacanya saja yang pecah, rumah spion pecah, kaki-kaki atau dudukan patah dan bagian motorik alias motor pada spion lipat otomatis yang bermasalah.

Baca juga: Polytron Buka Showroom Motor Listrik Baru di PIK 2

Buat pemilik mobil yang spionnya patah terkena tangan maling maka harus ganti satu set yaitu kaki-kaki alias dudukan dan kacanya. KOMPAS.com/Gilang Buat pemilik mobil yang spionnya patah terkena tangan maling maka harus ganti satu set yaitu kaki-kaki alias dudukan dan kacanya.

"Makanya mobil apa dulu, karena bermacam-macam, ada yang bisa diecer (diganti per satuan) dan ada yang tidak bisa," ujar Robin, pemilik Bigbee Autopart, toko khusus spion di MGK Kemayoran, Jakarta, kepada Kompas.com, pekan lalu.

Contoh untuk pemilik Toyota Innova lama bisa memilih beberapa opsi jika spionnya rusak, mulai dari barang orisinil baru, barang orisinil bekas dan juga variasi alias KW.

Baca juga: Spesifikasi Polytron Fox S, Motor Listrik dengan Harga Rp 9 Juta

Test drive Suzuki Ertiga Hybrid di kawasan Puncak Bogor, jajal kenyamanan dan fitur mobil hybrid SuzukiSendy Darlis Test drive Suzuki Ertiga Hybrid di kawasan Puncak Bogor, jajal kenyamanan dan fitur mobil hybrid Suzuki

Namun ada juga beberapa merek yang sulit, bukan karena tak bisa diecer dan mesti ganti satu set melainkan karena barangnya susah didapat.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Bahan Kulit Jok Microfiber dan Sintetis

"Kalau Suzuki spare parts susah. Kalau yang cepat dapat itu Honda dan kalau ada dikasih harga mahal. Toyota itu barang KW banyak dan orisinal seken banyak tapi kalau suzuki agak susah," ujar Robin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com