Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Belanja Aksesori Mobil bagi Wanita

Kompas.com - 08/01/2024, 11:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksesori mobil kini menjadi kebutuhan bagi pemilik kendaraan pria atau wanita. Namun, ketimbang pria, biasanya pemilik mobil wanita cenderung punya wawasan yang kurang banyak mengenai aksesori mobil.

Maka dari itu, wanita kerap menjadi korban penipuan para penjual aksesori mobil. Misalnya harga aksesori mobil yang dibanderol terlalu tinggi sehingga tidak sesuai dengan kualitas barang.  

Baca juga: Berburu Suku Cadang Jeep Cherokee, Siapkan Dompet Tebal

Unwan, pemilik toko aksesori mobil Kurnia Agung di sentra otomotif Pasar Palmerah, mengatakan, oknum penjual aksesori mobil yang nakal atau curang memang tidak akan mudah diketahui kalau tidak pernah bersentuhan langsung dengan pasar aksesori. 

"Wanita cendrung awam dengan dunia ini, maka penjual yang curang akan sembarangan mematok harga aksesori. Padahal, penjual yang baik seharusnya membimbing calon pembelinya sambil menawarkan produk-produk yang tepat dengan harga yang jujur," katanya kepada Kompas.com di kiosnya yang berlokasi di Pasar Palmerah lantai 3 blok B 58-59, Jumat (5/1/2024).

Aksesori mobilKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Aksesori mobil

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Buatan UGM, Jarak Tempuh Mencapai 40 Km

Oleh karena itu, beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan oleh pemilik mobil wanita yakni harus mengetahui harga pasaran dari aksesori yang akan dibeli.

Kemudian, cari tahu terlebih dahulu spek dari barang tersebut. Pastikan pula toko aksesori tepercaya, bukan toko abal-abal. 

"Cari tahu pula apakah itu barang asli atau palsu. Jangan lupa tanya masa garansi dan juga apakah ada biaya tambahan untuk pemasangan aksesori pada mobil. Namun, yang paling aman adalah bawa teman atau kerabat yang mengerti aksesori mobil agar bisa bantu pilihkan," kata Unwan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com