Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Suku Cadang Jeep Cherokee, Siapkan Dompet Tebal

Kompas.com - 07/01/2024, 16:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu mobil lawas yang masih banyak peminatnya ialah Jeep Cherokee (XJ). Meski saat ini umurnya tidak lagi muda peminat mobil bergaya boxy ini tetap banyak.

Sama seperti mobil lawas yang lain perawatan Cherokee susah-susah mudah. Namun harus diakui, untuk harga suku cadang mobil sahabat Pertamina ini punya banderol yang tak murah.

Baca juga: Budaya Neduh Sembarangan, Motor Bikin Macet Jalan Saat Hujan

Aping, pemilik Fajar Timur Motor, toko khusus suku cadang Jeep di MGK Kemayoran, JakartaKOMPAS.com/Gilang Aping, pemilik Fajar Timur Motor, toko khusus suku cadang Jeep di MGK Kemayoran, Jakarta

Aping, pemilik Fajar Timur Motor, toko khusus suku cadang Jeep di MGK Kemayoran, Jakarta, mengatakan, masalah pada Cherokee bervariasi tergantung tahunnya.

"Altenator Cherokee, imitasinya Rp 2,5 juta tidak ada yang ori. Kalau ori sebetulnya saya tidak tahu karena belum jual. Kalau relai pompa bahan bakar bisa satuan Rp 400.000," ujar Aping kepada Kompas.com, di Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Secara umum beberapa komponen Cherokee yang cukup rawan ialah kondisi mesin yang mudah panas. Masalah ini timbul biasanya karena kondisi radiator yang sudah menurun kualitasnya, diikuti dengan kerak yang menumpuk di dalam mesin.

Baca juga: PO Bintang Utara Putra Rilis 2 Unit Bus Baru Pakai Sasis Tronton

Modifikasi Jeep CherokeeStanly/KompasOtomotif Modifikasi Jeep Cherokee

Komponen lain yang bisa mengalami kerusakan yaitu pada bagian transmisi. Penyebabnya kebanyakan karena sering menunda dalam mengganti pelumas transmisi.

Lalu komponen lain yang perlu diperhatikan yaitu, system electrical engine. Usianya yang sudah cukup lama membuat beberapa kabel mulai rapuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com