Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Resmikan 4 Terminal Bus Tipe A

Kompas.com - 03/01/2024, 06:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan empat terminal bus atau terminal angkutan massal tipe A, yakni Terminal Purworejo dan Terminal Mendolo Wonosobo di Jawa Tengah serta Terminal Purboyo Madiun dan Terminal Patria Blitar di Jawa Timur, Selasa (2/1/2024).

Peresmian keempat terminal baru tersebut dilakukan bersamaan di Terminal Purworejo, Jawa Tengah,

Jokowi mengatakan, selain mengurangi kemacetan, sarana dan prasarana transportasi massal juga akan meningkatkan konektivitas antarwilayah.

"Sekarang ini macet hampir ada di semua kota karena semua orang menggunakan kendaraan pribadi. Kota kecil pun sekarang sudah macet sehingga transportasi massal harus didorong," kata Jokowi dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa ( 2/1/2024)

Menurutnya, apabila transportasi massal tidak terbangun akan menyebabkan kemacetan, sebab wilayah antar kota di Jawa kelak kotanya akan saling tersambung menjadi aglomerasi. 

Oleh karena itu Jokowi sangat mengapresiasi ppembangunan empat terminal bus baru di Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut lantaran punya konsep lebih modern, aman, dan nyaman.

Baca juga: Daftar Harga Aki Motor per Januari 2024

Sebagai informasi, terminal Purworejo dibangun dengan anggaran dana senilai Rp 35 miliar yang berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Terminal ini memiliki luas 12.315 m² dan luas bangunan 2.378,1 m², serta melayani 615 penumpang dengan total 105 bus per hari.

Sementara Terminal Mendolo dibangun dengan biaya senilai Rp20 miliar yang berasal dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Terminal ini memiliki luas lahan 29.319 m² dan luas bangunan 7.742 m², serta melayani 2.090 penumpang dengan total 280 bus per hari.

Terminal Terpadu Pulo GebangKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Terminal Terpadu Pulo Gebang

Lalu, Terminal Purboyo dibangun dengan biaya senilai Rp29,8 miliar yang berasal dari SBSN. Terminal ini memiliki luas lahan 28.719 m² dan luas bangunan 11.230 m², serta melayani 4.350 penumpang dengan total 339 bus per hari.

Kemudian Terminal Patria dibangun dengan biaya senilai Rp66,6 miliar yang berasal dari SBSN. Terminal ini memiliki lahan seluas 14.932 m² dan luas bangunan 3.950 m², serta melayani 330 bus per hari dengan total penumpang 4.344 orang per hari.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Mobil per Januari 2024

Adapun pembangunan dan revitalisasi Terminal Tipe A di berbagai wilayah menjadi program prioritas Kemenhub dalam rangka memperbaiki layanan angkutan bus antar kota antar provinsi maupun dalam provinsi (AKAP/AKDP).

"Sehingga yang bagus tidak di empat terminal ini, tapi di semua terminal kita yang ada di Tanah Air standarnya sama," kata Jokowi.

Kedepannya, pada tahun 2024 ditargetkan akan diselesaikan pembangunan tujuh terminal lagi di sejumlah daerah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com