Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejadian Lagi, Pengendara Motor Tertimpa Baliho Caleg yang Roboh

Kompas.com - 01/01/2024, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, banyak baliho Calon Legislatif (Caleg) yang dipasang kurang kokoh.

Terlebih panas dan angin kencang belakangan ini terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, berpotensi membuat baliho tersebut roboh dan membahayakan orang lain.

Seperti kecelakaan yang terjadi diduga disebabkan baliho roboh dan menimpa pengendara sepeda motor.

Dalam unggahan pada akun Instagram @fakta.indo, Minggu (31/12/2023), memperlihatkan pengendara motor yang mengalami kecelakaan akibat tertimpa baliho saat hujan deras dan angin kencang melanda kawasan tersebut.

Diketahui kejadian terjadi di Pertigaan Desa Buduk, Tangeb, Munggu, Mengwi Badung, Bali.

Baca juga: Siang Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Tahun Baru

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, adanya baliho memang menambah bahaya di jalan raya.

Kebanyakan baliho dipasang menggunakan tiang penyangga dari bambu, sehingga jika ikatannya kurang kuat bisa tiba-tiba lepas dan roboh serta mencelakai pengendara.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Fakta Group | Fakta Indo (@fakta.indo)

“Menurut saya sebaiknya pengendara motor harus lebih waspada apabila berkendara di jalan raya yang banyak terpasang baliho-baliho partai, terutama saat kondisi cuaca hujan lebat dan angin kencang karena ada kemungkinan baliho tersebut bisa terlepas,” kata Agus, saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/1/2024).

Baca juga: Wuling Air ev Jadi Mobil Rental di Bali

Dalam mengantisipasi bahaya seperti ini, pengendara motor bisa meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga pandangan jauh ke depan saat berkendara.

“Lalu perhatikan setiap potensi bahaya yang bisa terjadi, bisa saja terjadi seperti baliho yang terpasang di pinggir jalan dan lain-lain. Hal ini agar ketika tiba-tiba baliho tersebut jatuh maka dengan cepat kita bisa lebih refleks dalam mengambil keputusan yang lebih aman,” ucap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com