Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Bandara Ngurah Rai Macet, Kemenhub Sediakan Shuttle Bus Gratis

Kompas.com - 01/01/2024, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), lalu lintas kendaraan di wilayah Bali, tepatnya jalan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai terpantau mengalami kepadatan. Lalu lintas macet bahkan terjadi sejak Tol Bali Mandara.

Dilansir dari Instagram @jktinfo (30/12/2023), terlihat sejumlah wisatawan sampai berjalan kaki di jalan tol untuk mengejar jadwal penerbangan ke Bandara.

Kondisi Bali saat akhir tahun. Nampak kemacetan parah di Tol Bali Mandara membuat sejumlah wisatawan yang mengejar jadwal penerbangan memutuskan untuk berjalan kaki menuju Bandara Ngurah Rai,” tulis keterangan foto @jktinfo.

Baca juga: Cerita Mobil Baru Keluar Diler Kecelakaan Saat Dikirim ke Konsumen

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAKARTA INFO (@jktinfo)

Menurut informasi, penumpukan kendaraan ini terjadi dari berbagai arah di sekitaran Bandara Ngurah Rai,” lanjut keterangan tersebut.

Sehubungan dengan adanya antrean panjang kendaraan menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Bali menyediakan Shuttle Bus gratis.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, mengatakan, pihaknya melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk kelancaran arus lalu lintas di ruas tersebut.

Baca juga: 10 Cara Mudah Cek Saldo e-Toll Lewat HP

"Akan disediakan Shuttle bus gratis dengan melakukan pemindahan operasi Trans Sarbagita dan Trans Metro Dewata," ujar Hendro, dalam keterangan resmi (31/12/2023).

Adapun rute Shuttle Bus adalah Simpang Pesanggaran-Bandara, Nusa Dua-Bandara, Sentral Parkir-Bandara. Titik pemberangkatan disediakan di Akses Jalan Tol Pesanggaran, Sentral Parkir Nusa Dua, dan Sentral Parkir Kuta.

Hendro mengatakan, Shuttle Bus gratis ini beroperasi sejak 30 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 dimulai pukul 16.00 hingga 24.00 WITA dengan lima armada.

Baca juga: Pengiriman Mobil Baru ke Konsumen, kenapa Tidak Pakai Towing?

Ilustrasi shuttle bus gratis di BaliDok. Kemenhub Ilustrasi shuttle bus gratis di Bali

"Kami menyediakan armada dengan kapasitas per bus untuk 20 penumpang dan diharapkan wisatawan dapat memanfaatkan shuttle bus gratis ini dan membantu mengurai kemacetan," ucap Hendro.

Untuk diketahui, Trans Metro Dewata merupakan Teman Bus dengan tipe layanan Buy The Service yang disediakan Ditjen Perhubungan Darat dan Trans Sarbagita dikelola oleh Pemprov Bali.

Selain disediakan Shuttle Bus gratis, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Bali Bersama Dinas Perhubungan Provinsi Bali juga akan melakukan beberapa langkah antisipasi.

Baca juga: Kena Macet di Puncak Saat Tahun Baru, Mobil Matik Jangan Gantung Gas

Jalan Tol Bali-Mandara.Dok. BPJT Jalan Tol Bali-Mandara.

Apabila mulai terjadi kepadatan tinggi di bundaran Ngurah Rai akan dilakukan pengalihan sebagian lalu lintas ke arah jalan tol Bali Mandara.

"Agar dapat dipastikan juga, tidak ada kemacetan pada akses Krisna Oleh-Oleh By Pass Ngurah Rai," kata Hendro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com