Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Kasus Kecelakaan Maut yang Terjadi Sepanjang 2023

Kompas.com - 31/12/2023, 18:11 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2023 banyak terjadi beragam hal dan kejadian, termasuk kasus kecelakaan yang melibatkan transportasi jalur darat di Indonesia.

Sejumlah kasus kecelakaan yang mewarnai lalu lintas menjadi topik fenomenal sepanjang tahun ini lantaran menelan banyak korban, menyita banyak kerugian hingga ada pula kasus yang berjalan alot lantaran sulit untuk diselidiki.  

Berikut Kompas.com rangkum kasus kecelakaan lalu lintas paling fenomenal di 2023 : 

1. Kecelakaan Maut di Exit Tol Bawen

Tangkapan layar dari unggahan CCTV kecelakaan di Exit Tol Bawen, Semarang, Sabtu (23/9/2023). Tiga orang dilaporkan tewas dan 9 lainnya luka-luka. Twitter Tangkapan layar dari unggahan CCTV kecelakaan di Exit Tol Bawen, Semarang, Sabtu (23/9/2023). Tiga orang dilaporkan tewas dan 9 lainnya luka-luka.

Kecelakaan maut akibat truk alami rem blong terjadi di jalur Semarang-Solo, tepatnya di persimpangan exit tol Bawen, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Sabtu (23/9/2023).

Truk tronton berpelat AD 8911 IA diduga mengalami rem blong hingga menabrak sejumlah kendaraan yang terdiri dari empat mobil dan sembilan sepeda motor. Akibat kecelakaan tersebut, puluhan sepeda motor dan mobil pribadi mengalami kerusakan yang parah.

Bahkan, terlihat sepeda motor dalam kondisi hancur tak berbentuk. Sementara mobil yang ada di sekitar kejadian alami ringsek parah. Berdasarkan update terakhir, total ada empat orang yang meninggal dunia, tujuh korban luka berat, dan 11 korban alami luka ringan.

Baca juga: Saran Andrea Dovizioso kepada Marc Marquez, Pahami Pengereman

2. Truk Tabrak 7 Motor di Lenteng Agung

Kecelakaan di Lenteng Agung, beberapa pemotor lawan arah dan tertabrak trukDok. Polres Metro Jakarta Selatan Kecelakaan di Lenteng Agung, beberapa pemotor lawan arah dan tertabrak truk

Truk pengangkut bata menabrak tujuh pengendara sepeda motor di Jalan Raya Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Selasa (22/8/2023).

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Bayu Marfiando, mengatakan, terkait masalah kronologinya sejauh ini, yang melanggar ataupun diduga yang menyebabkan kecelakaan adalah kendaraan roda dua yang melawan arus.

 "Jadi, kronologinya dia itu melihat mobil yang di sampingnya menyalip kencang, dia (sopir truk) sempat mengalihkan perhatian ke mobil itu. Tiba-tiba di saat yang bersamaan, ada motor dari arah yang berlawanan," kata Bayu.

3. Truk vs Kereta Api Brantas

Video kecelakaan KA Brantas menabrak truk dolly container di Semarangistimewa Video kecelakaan KA Brantas menabrak truk dolly container di Semarang

Pada tahun ini juga terjadi kasus kecelakaan yang melibatkan Kereta Api Brantas jurusan Jakarta Pasarsenen-Bitar dengan truk kontainer, Selasa (18/7/2023) malam, di pelintasan jalan Madukoro Raya, Semarang, Jawa Tengah.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB dan menyita perhatian masyarakat di sekitar area perlintasan kereta api lantaran langsung terjadi kebakaran.  

Kombes Pol Irwan Anwar, Kapolrestabes Semarang menjelaskan, tidak ada korban jiwa dari kecelakaan kereta api tersebut. Menyoal dugaan awal yang menyebabkan terjadinya kecelakaan, Irwan mengatakan bahwa kejadian tersebut karena truk mogok di atas rel kereta api.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com