Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

RILIS BIZ

Jelang Liburan Akhir Tahun, Mobil Jenis MPV Laris Disewa

Kompas.com - 29/12/2023, 19:42 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil jenis multi-purpose vehicle (MVP) laris disewa pada momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Hal tersebut disampaikan Co-founder Raggam Maria Kristina saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Sebagai informasi, Raggam merupakan marketplace sewa-menyewa online. Lewat platform ini, pengguna bisa menyewa berbagai kebutuhan, mulai dari peralatan elektronik, peralatan olahraga, alat medis, hingga kendaraan.

“Sejumlah mobil MPV, mulai dari Toyota Avanza, Toyota Innova, Mitsubishi Xpander, dan Toyota Alphard, sudah di-booking sejak jauh-jauh hari,” kata Maria.

Maria menuturkan, tren sewa mobil pada kuartal IV 2023 bahkan menunjukkan kenaikan hingga 100 persen ketimbang kuartal III 2023. Hal ini dipicu oleh sistem work from office (WFO) yang kembali diterapkan pascapandemi Covid-19.

Pada kesempatan sama, Chief Executive Officer (CEO) Raggam Nathalia Gunadi menambahkan bahwa sejak Oktober hingga awal Desember 2023, lebih banyak pertanyaan seputar sewa mobil yang masuk ke Chat Support Raggam.

“Rata-rata perusahaan sudah menerapkan WFO. Mereka menyewa mobil secara bulanan untuk (menunjang) kebutuhan operasional,” kata Nathalia.

Tak hanya untuk liburan keluarga dan pemenuhan operasional kantor, jasa penyewaan mobil juga banyak digandrungi oleh generasi Z untuk berlibur.

“Mereka cenderung menyukai mobil kecil, seperti Honda Brio, Toyota Calya dan Toyota Raize,” ucap Nathalia.

Selain preferensi jenis mobil, rupanya generasi yang dinilai lebih melek digital itu juga lebih sadar promo di platform sewa-menyewa ketimbang penyewa dari kelompok usia lain.

Nathalia menjelaskan, hal pertama yang dilakukan gen Z sebelum bertransaksi online, termasuk sewa kendaraan, adalah mengecek promo.

“Mereka lihat-lihat bagian promonya duluan sehingga bisa dapat (layanan sewa) dengan harga lebih murah,” kata dia.

Di Raggam sendiri, lanjut Nathalia, tersedia promo berupa diskon 11 persen untuk layanan sewa mobil dengan memasukkan kode promo SEWAMURAH11.

Promo tersebut berlaku untuk semua jenis pembayaran, termasuk kartu kredit, dan dapat digunakan hingga Minggu (31/12/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com