Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kekurangan dan Kelebihan Sewa Mobil dengan Sistem Lepas Kunci

Kompas.com - 18/12/2023, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Menyewa mobil saat libur Natal dan Tahun Baru bisa menjadi pilihan alternatif selain menggunakan alat transportasi umum. Mudahnya akses jalan membuat liburan menggunakan mobil pribadi menjadi lebih mudah.

Dalam menyewa mobil, masyarakat bisa memilih ingin menggunakan sistem lepas kunci atau paket sewa termasuk pengemudi, BBM dan pembayaran tol. Tentu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anang, Pemilik Anang Trans mengatakan lepas kunci dimaksudkan sebagai sewa mobil tanpa sopir, sehingga penyewa mendapatkan kunci mobil, atau istilahnya kunci dilepas begitu saja.

Baca juga: Harga Sewa Mobil Fortuner dan Pajero Sport buat Liburan Akhir Tahun

Jasa sewa mobil di MPMRentMPMRent Jasa sewa mobil di MPMRent

“Mobil bakal disopiri oleh pihak penyewa, bahan bakar juga ditanggung oleh penyewa begitu juga dengan biaya tol,” ucap Anang kepada Kompas.com, Senin (18/12/2023).

“Soal tarif sewa, lepas kunci pasti lebih murah karena tidak ada biaya untuk bayar sopir, bahan bakar minyak dan lain sebagainya,” ucap Anang.

Dia juga mengatakan sewa mobil lepas kunci biasanya tidak ada asuransi yang diberikan ketika terjadi kecelakaan.

Baca juga: Harga Sewa Mobil Avanza Cs Saat Liburan Akhir Tahun, mulai Rp 250.000

Proses pendaftaran sewa mobil di MPMRentMPMRent Proses pendaftaran sewa mobil di MPMRent

“Semisal terjadi kecelakaan dan ada kerusakan di mobil, maka pihak penyewa yang harus menanggung biaya perbaikannya, tapi beberapa rental mobil mungkin memberikan asuransi dengan peraturannya masing-masing,” ucap Anang.

Pemilik AD Trans Klaten Setiawan mengatakan sewa mobil lepas kunci banyak diminati lantaran biaya yang dibanderol jauh lebih terjangkau.

“Sistem sewa mobil ini tanpa sopir dari pihak rental, ini malah lebih banyak diminati, karena harga sewanya kan jauh lebih murah,” ucap Setiawan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Perusahaan Sewa Mobil Ini Lakukan Uji Emisi Gratis

Daftar harga sewa mobil saar libur Nataru dari CV. Jogja TransportTangkapan layar Daftar harga sewa mobil saar libur Nataru dari CV. Jogja Transport

Dia mengatakan selain soal biaya, privasi penyewa juga lebih terjamin ketika mengemudi mobil sendiri tanpa ada pihak luar.

“Lebih nyaman juga, kan dengan tidak ada orang lain selama perjalanan menjadi lebih terjaga privasinya, penumpang juga bisa nambah dari pihak penyewa, itu gambarannya bila sewa mobil lepas kunci,” ucap Setiawan.

Jadi, sewa mobil lepas kunci memiliki kelebihan terkait tarifnya yang lebih murah, privasi lebih terjaga dan mobil bisa menampung anggota lebih banyak. Namun, kekurangannya penyewa masih harus memikirkan perjalanan, sopir, tarif tol, parkir, BBM dan risiko yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com