Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Quarataro Sukses Bertahan di Yamaha

Kompas.com - 29/12/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo mengatakan dia memiliki psikolog pribadi yang disebutnya sebagai pelatih mental. Alasan ini membuatnya lebih tenang saat harus melalui saat-saat sulit di balapan.

Quartararo mengakui bahwa dia mulai datang ke psikolog pada musim 2021. Hasilnya pada musim 2021 pebalap asal Perancis tersebut berhasil merebut gelar juara dunia untuk pertama kali.

Baca juga: Beda Setelan Karburator Mobil Tua Harian dengan Koleksi

“Masalah saya adalah saya bisa menjadi sangat cepat marah karena segala hal. Apalagi dengan olahraga. Ini banyak membantu saya dalam memberikan komentar kepada mekanik saya, dan bahkan dalam hidup agar lebih tenang," ujarnya dilansir dari Crash, Jumat (29/12/2023).

Momen Fabio Quartararo saat berlibur di Baliinstagram.com/fabioquartararo20 Momen Fabio Quartararo saat berlibur di Bali

Quartararo mengatakan, lewat konseling dia jadi bisa mengendalikan emosi. Pembawannya lebih tenang dan bisa bekerjasama dengan lebih baik kepada orang lain termasuk kru saat berada di bawah tekanan.

“Saya tidak pernah merendahkan seseorang tetapi Anda hanya berteriak sedemikian rupa sehingga pada dasarnya Anda bisa berteriak selama setengah jam tetapi mekanik Anda tidak mengerti apa pun," ujarnya.

Quartararo mengatakan, berbicara dengan tepat kepada orang lain merupakan hal yang sulit. Sebab mekanik akan menanyakan hal yang detail dan jika pebalap tidak bisa menjelaskannya maka tidak akan terjadi kemajuan.

Baca juga: Isuzu Mulai Tes Jalan Truk Hidrogen Giga Fuel Cell

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).AFP/JUAN MABROMATA Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat tampil dalam rangkaian MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Jumat (31/3/2023).

“Anda harus benar karena jika Anda mengatakan itu tidak berfungsi di mana pun, mekanik Anda akan berkata, 'oke, apa yang Anda ingin saya lakukan? Di mana Anda ingin saya meningkatkannya’," ujar Quartararo.

“Anda harus memikirkan poin mana yang ingin Anda tingkatkan, belokan, pengereman, atau cengkeraman motor," kata Quartararo.

“Ini adalah sesuatu yang harus saya pelajari dan memiliki pelatih mental adalah sesuatu yang benar-benar saya pelajari. Tahun ini saya selalu berusaha untuk tetap positif dalam situasi yang sulit,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com