Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Bus Single Glass Akan Semakin Eksis di 2024

Kompas.com - 28/12/2023, 07:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain bus di Indonesia terus berkembang seiring majunya teknologi dan zaman. Oleh karena itu setiap tahun biasanya akan ada beragam tren desain bus yang meramaikan Indonesia.

Bahkan tren terbaru desain juga akan mempengaruhi perusahaan otobus (PO) saat hendak menambah bus baru dalam bersaing di pasar layanan transportasi darat.

Misalnya, bila bicara dari segi eksterior, dalam beberapa terakhir bus dengan model wajah double glass menjadi populer. Bahkan banyak karoseri yang mendapatkan permintaan dari PO untuk membuat bus kaca ganda. 

Namun, jelang akhir tahun 2023, desain bus kaca tunggal atau single glass mulai kembali eksis dan banyak digunakan oleh sejumlah PO. 

Kusririn, RnD Manager Karoseri Laksana mengatakan, ada kemungkinan tren single glass akan berlanjut pada 2024.

"Menurut saya seperti itu. Secara presentasi meningkat pastinya. Double glass masih banyak peminat. Tapi single glass perlahan akan menggeser," kata pria yang akrab disapa Ririe tersebut kepada Kompas.com, Rabu (28/12/2023). 

Baca juga: Tips Anti-stres Mengemudi Macet-macetan Saat Musim Liburan

Tampang Bus Baru PO Vido Trans, divisi Pariwisata Gumarang JayaInstagram @Laksanabus Tampang Bus Baru PO Vido Trans, divisi Pariwisata Gumarang Jaya

Baca juga: Daihatsu Ayla Pasang Remote Keyless, Mewah Meski Bukan Immobilizer

Bus single glass sendiri merupakan jenis desain bus yang sudah dipakai sejak lama bahkan ada lebih dahulu dari inovasi double glass.

Tampilan khas dari bus single glass adalah pada bagian wajah menggunakan kaca jendela yang terdiri dari satu kaca tebal. Kontruksi kaca tersebut lebih diminati oleh penumpang lantaran saat perjalanan visibilitas lebih nyaman. 

Sementara itu, pada bus model double glass, penumpang yang ada di dalam kabin kerap kesulitan melihat pemandangan. Aksen bando pada kaca double glass membuat pandangan penumpang dari arah kabin ke luar jadi terhalang. 

"Dengan tampilan single glass yang lebih moderen desainnya dan visibilitas yang lebih nyaman tentunya akan semakin banyak peminat," kata Ririe. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com