Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Anti-stres Mengemudi Macet-macetan Saat Musim Liburan

Kompas.com - 27/12/2023, 17:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru 2024, banyak orang yang pergi liburan. Makanya, ketika pergi ke daerah wisata, wajar rasanya kalau jalanan akan dipenuhi kendaraan alias macet.

Memang, macet bikin pengemudi bisa stress. Misal yang tadinya berharap segera sampai lokasi tapi jadi terhambat karena kondisi lalu lintas yang padat.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, mengemudi saat macet atau bahkan liburan butuh mental yang positif.

Baca juga: Pantauan Lalu Lintas Arah Puncak, Macet dari Megamendung dan Satu Arah ke Atas

Kondisi arus lalu lintas kendaraan di Jalur Wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/12/2023) sore.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kondisi arus lalu lintas kendaraan di Jalur Wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (25/12/2023) sore.

"Karena bila kita tidak menjaga mental yang positif, maka bisa saja mudah stress atau bahkan depresi kalau macet berkepanjangan," kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (27/12/2023).

Padahal kalau yang namanya liburan, harus mempersiapkan yang terburuk, pasti macet. Maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress selama jalan-jalan.

"Pertama, bila memungkinkan cari jalan yang tidak macet. Kedua, meminimalisir stress bisa dengan mengatur nafas. Jangan fokus pada situasi (macet) tapi bisa dialihkan dengan mendengarkan musik atau podcast," kata Marcell.

Baca juga: PO Sant Gold Rilis Bus Double Decker Pertama, Warnanya Pink


Mencari jalan yang tidak macet sebenarnya bisa dengan riset sebelum berangkat, titik mana yang rawan keramaian. Sedangkan lagu, ternyata terbukti bisa menenangkan, asal jangan pilih lagu yang terlalu agresif.

"Dengarkan musik yang menenangkan. Karena musik yang tepat terbukti dapat menenangkan pengemudi. Sebaliknya bila mendengarkan musik agresif malah dapat menaikan tekanan darah pengemudi," kata Marcell.

Macet saat liburan bisa dibilang mustahil untuk dihindari. Makanya sebagai pengemudi bisa meminimalisir stress dengan berbagai hal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com