Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Ayla Pasang Remote Keyless, Mewah Meski Bukan Immobilizer

Kompas.com - 27/12/2023, 16:02 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Daihatsu Ayla standar bawaan pabrik dibekali anak kunci manual serta remote alarm sebagai fitur keamanan dari pencurian. Namun di dalam video yang beredar anak kunci tersebut diganti menjadi tombol.

Sehingga, untuk menghidupkan dan mematikan mesin mobil LCGC ini, tidak lagi membutuhkan anak kunci melainkan cukup dengan menekan dan membawa remote barunya.

Tidak hanya itu, dengan remote modifikasi tersebut mesin Ayla ini juga bisa dihidupkan dan dimatikan dari jarak jauh. Tentu, ini menjadi mobil murah terasa lebih mewah.

Baca juga: Bikin Motor Keyless Tanpa Remot, Menyalakan Mesin Pakai Sidik Jari

 

Yusuf, Pemilik Kunci Maestro Spesialis Immobilizer Key Yogyakarta mengatakan, melakukan ubahan kunci pada Ayla cukup mudah, karena perangkatnya dijual di pasaran.

“Itu bukan immobilizer, karena bawaan mobil Ayla memang tidak dibekali immobilizer, tapi secara fungsi kecanggihannya lebih dari sekedar immobilizer karena juga bisa menghidupkan dan mematikan mesin lewat remote,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Rabu (27/12/2023).

Meski bukan immobilizer, Yusuf mengatakan, dengan mengubah anak kunci menjadi sistem keyless membuat keamanan mobil meningkat.

Baca juga: Kenop Keyless Motor yang Dirusak Maling Tidak Bisa Diperbaiki

Modifikasi kunci Ayla menjadi sistem push buttonTangkapan layar Modifikasi kunci Ayla menjadi sistem push button

“Katakanlah ada maling, ketika mobil dibobol maka alarm akan bunyi dan mesin bisa dinyalakan, tapi ini tidak, selain alarm bunyi ada pengaman tambahan sehingga tidak bisa dipaksa hidup mesinnya, jadi lebih aman,” ucap Yusuf.

Kendati demikian, Yusuf tidak memungkiri bahwa teknologi yang dipakai lebih sederhana daripada immobilizer yang menggunakan cip sehingga biaya modifikasinya lebih terjangkau.

“Jika immobilizer pengamannya lewat cip, ini tidak, tapi pengaman ada di modul perangkat alarmnya, sehingga yang diubah adalah jalur kelistrikan, jika maling bisa paham sistem kelistrikannya mungkin bisa saja membobol, tapi yang tahu hal beginian jarang,” ucap Yusuf.

Baca juga: Cegah Maling, Motor Batangan Juga Bisa Pasang Immobilizer

All New Ayla di Jawa Tengah diskon Rp 10 juta Dok. All New Ayla di Jawa Tengah diskon Rp 10 juta

Yusuf mengatakan, dengan ubahan tersebut maka mesin mobil tidak akan hidup bila tidak terdeteksi remote di sekitar area mobil. Cara mainnya sama dengan keyless pada umumnya hanya saja letak pengamannya di module.

“Jika immobilizer memang lebih aman, karena sistemnya lebih paten tidak bisa diotak-atik tanpa alat khusus, bahkan kami tidak bisa memasang immobilizer pada mobil-mobil yang memang tidak dibekali perangkatnya dari pabrik,” ucap Yusuf.

Menurut Yusuf, kunci pada mobil apa pun bisa diubah menjadi sistem keyless tapi sebenarnya teknologi yang digunakan bukan immobilizer melainkan module alarm saja. Itu sebabnya biaya pemasangannya lebih terjangkau.

Baca juga: Apa Hubungan Immobilizer dan Keyless pada Mobil?

“Sistem keyless ini kan bermacam-macam, yang paling murah itu mulai Rp 1,5 jutaan tergantung tipe, merek dan kelengkapan fiturnya,” ucap Yusuf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com