Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Jadinya jika Toyota Rangga Concept Jadi MPV

Kompas.com - 27/12/2023, 16:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber topgear

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Rangga Concept merupakan kendaraan niaga dengan kabin tunggal. Namun, tidak ada salahnya juga jika membayangkannya menjadi sebuah multi purpose vehicle (MPV).

Toyota Rangga Concept merupakan penamaan yang diberikan Toyota Indonesia. Sementara di Filipina, mobil ini menggunakan nama Toyota Tamaraw Concept.

Bahkan juga berbeda lagi di Thailand yang sudah meluncurkannya dengan nama Hilux Champ.

Baca juga: Alasan Toyota Pakai Nama Rangga buat Hilux Champ di Indonesia

Dikutip dari Topgear.com.ph, Rabu (27/12/2023), Andrew Guerrero, berhasil membuat Rangga Concept versi MPV melalui rekayasa digital.

Terdapat sedikit ubahan atau penyesuaian di beberapa bagian, tapi hasilnya sungguh mengagumkan.

Toyota Rangga Concept versi MPVDok. Topgear.com.ph Toyota Rangga Concept versi MPV

Salah satunya pada bagian pintu, di mana Rangga Concept memiliki gagang model vertikal. Namun, untuk membuatnya menjadi empat pintu, Andrew terpaksa mengubah modelnya menjadi gagang pintu konvensional.

Secara keseluruhan, desainnya cukup mengotak dan terkesan kaku. Pintu belakangnya dibuat dengan model terbuka ke atas.

Baca juga: Toyota Rangga Dipastikan Meluncur Awal 2024

Lampu belakang ditempatkan di bagian bumper dan disematkan juga high mounted stop lamp. Bumper belakang juga cukup unik, karena menyatu dengan fender dari roda belakang.

Toyota Hilux Champ resmi meluncur di Thailand Motor Expo (TME) 2023. Toyota Rangga versi Thailand ini digadang menjadi kendaraan niaga serbaguna yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.Foto: KOMPAS.com/Dio Dananjaya Toyota Hilux Champ resmi meluncur di Thailand Motor Expo (TME) 2023. Toyota Rangga versi Thailand ini digadang menjadi kendaraan niaga serbaguna yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Atap pada bagian belakang dibuat lebih tinggi. Sehingga, penumpang pada baris kedua dan ketiga bisa memiliki ruang kepala yang cukup lapang.

Terlepas dari gambar tersebut, meski bukan merupakan desain yang resmi, tapi bisa menunjukkan bahwa sebenarnya Rangga Concept memiliki potensi untuk dijadikan MPV.

Toyota Rangga Concept Pace CarKompas.com/Nanda Toyota Rangga Concept Pace Car

Soal dapur pacu, Toyota menawarkan konsumen ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yaitu mesin bensin 4-silinder berkapasitas 2.000 cc dan 2.700 cc, serta mesin diesel 4-silinder berkapasitas 2.400 cc.

Mesin bensinnya dipastikan menggunakan kode TR-FE. Sedangkan untuk mesin dieselnya, mengandalkan mesin dari keluarga 2GD-FTV.

Toyota Rangga Concept Mobile CaféKompas.com/Nanda Toyota Rangga Concept Mobile Café

Ketiga mesin tersebut bukanlah barang baru. Mesin-mesin tersebut sudah digunakan pada model-model Toyota yang dipasarkan di Indonesia, seperti Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux.

Belum lama ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengonfirmasi bahwa pihaknya akan meluncurkan Rangga Concept pada awal 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com