Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Duplikat Smart Key Honda di AHASS? Biaya Rp 50.000

Kompas.com - 15/06/2023, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Jajaran produk motor Honda di Indonesia sudah banyak yang menggunakan Smart Key, sistem keyless dari Honda. Bahkan mulai Scoopy, Vario, sampai PCX dan ADV sudah menggunakan teknologi tersebut.

Sebagai pemilik kunci pintar ini, ada kalanya apes, salah satu remot yang dimiliki hilang. Tentu, kalau masih pakai anak kunci, ada yang namanya duplikat, tinggal dibawa ke tukang kunci terdekat.

Tapi, bagaimana kasusnya kalau mau duplikat Smart Key dari Honda?

Baca juga: Motor Honda Butuh Penyesuaian Sebelum Pakai Bioetanol

Smart Key Honda dengan kode ECMKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Smart Key Honda dengan kode ECM

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor menjelaskan, kalau mau duplikat Smart Key, siapkan id ECM (Electronic Control Module) yang diberikan saat motor diantar saat membeli.

"Ada dua nomor, satu buat ECM (yang ada barkode) buat penambahan remote, yang ada bintangnya (di depan kode)," ucap Aries kepada Kompas.com, Rabu (14/6/2023).

Jadi nanti pelanggan tinggal datang saja ke AHASS dan bilang mau duplikat remot. Prosesnya cukup singkat, tidak sampai lima menit sudah selesai.

Baca juga: Sering Jatuh, Marquez Sulit Lewati Rekor Juara Dunia Valentino Rossi

"Remot bisa bawa sendiri, bisa beli di toko lain. Kalau (biaya) jasa, tergantung AHASS, cuma kalau di Bogor, sekitar Rp 50.000, remote enggak termasuk," kata Aries.

Kalau misal mau membeli remote di diler, harus siapkan dana lebih banyak. Harga remot berbeda-beda, untuk model awal Smart Key, yang masih tiga tombol, dibanderol hampir Rp 1 juta.

"Untuk yang lama (PCX 150) itu harganya hampir Rp 1 juta remotenya saja. Kalau yang baru (160 series, Scoopy) harganya Rp 300.000-Rp 400.000," kata Aries.

Membedakan yang baru dan lama, model baru cuma dua tombolnya yang ada di remote. Selain itu komponennya dibilang sudah buatan lokal, makanya harga bisa berbeda.

"Kalau kedua remote hilang, bisa mengandalkan kode ECM saja (buat duplikat). Kalau satu saja yang hilang, tidak perlu pakai kode ECM juga bisa, selama yang satunya aktif," kata Aries.

Misal kondisi terburuk, kedua remote dan tag kode ECM hilang, maka harus ganti keseluruhan. Biayanya tidak main-main biayanya, mulai Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, ada perbedaan di harga remote.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com