Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Mobil Lewat Turunan Curam, Sebaiknya Pakai Engine Brake

Kompas.com - 27/12/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama momen liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di akhir Desember 2023, pelancong yang melakukan perjalanan rekreasi mungkin akan bertemu dengan jalan tidak rata, memliki kontur tanjakan dan turunan.

Bagi pengendara yang sudah berpengalaman dan paham teknik, kondisi jalan semacam ini mungkin tidak terlalu menyulitkan, namun situasi serupa tidak berlaku bagi pemula.

Satu hal yang sering membuat bingung saat menghadapi turunan adalah cara menghambat laju mobil. Mana langkah yang paling bijak, menahan dengan rem atau menggunakan engine brake?

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, opsi paling bijak saat menghadapi turunan adalah menggunakan engine brake saja, dan hanya memakai rem seperlunya.

Baca juga: Update Arus Balik Natal, Kawasan Puncak Padat Meski Sudah Satu Arah

Tuas Transmisi Toyota GR CorollaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Tuas Transmisi Toyota GR Corolla

“Utamanya engine brake, terus pakai remnya dipijit (diinjak pelan-pelan) saja, jangan sampai nggelayut (diinjak penuh),” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (26/12/2023).

Dua alasan mengapa engine brake jauh lebih disarankan adalah karena lebih aman bagi pengendara dan mencegah resiko kerusakan pada komponen mobil.

Berbeda dengan rem yang menahan laju mobil dari putaran roda saja, engine brake akan menahan dengan cara membatasi rotasi putaran mesin (RPM) menjadi lebih rendah.

“Kalau pakai engine brake, yang ditahan itu laju porosnya lewat driveshaft. Ini aman-aman saja, soalnya driveshaft itu kuat,” kata Juni.

Baca juga: Beda Tanda Tangan KTP dan SIM, Mana yang Lebih Penting Diubah?

Ilustrasi jalan menurunKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi jalan menurun

Bagi pengguna mobil transmisi manual, cara memakai engine brake sangat mudah. Cukup injak kopling dan oper transmisi ke gigi terkecil tergantung kemiringan jalan, bisa di angka satu atau dua.

Khusus pengguna mobil transmisi matik, fitur engine brake juga masih bisa dinikmati. Cukup oper tuas transmisi ke D1 atau D2 sesuai kebutuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com