Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini One Way Berlaku Pukul 14.00 WIB di Tol Cipali Arah Jakarta

Kompas.com - 26/12/2023, 13:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan data, volume lalu lintas kendaraan diprediksi akan mengalami peningkatan dari arah Timur menuju Jakarta pada masa periode arus balik libur Natal, Selasa (26/12/2023).

Menyikapi hal ini, atas diskresi kepolisian akan diberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way di Jalan Tol Cipali dari Km 188 Gerbang tol (GT) Palimanan sampai Km 72 Cikampek pada pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Selain itu, rekayasa lalu lintas akan dilanjutkan dengan contraflow dari Km 72 Cikampek sampai Km 47 arah Jakarta. Namun pemberlakuannya secara situasional berdasarkan diskresi kepolisian.

Baca juga: Video Bocah Bonceng Tiga, Tabrak Mobil Pura-pura Pingsan

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga siap mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas tersebut dengan menyiapkan petugas serta perambuan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang dikelola oleh PT Jasamarga Transjawa Tol.

Ilustrasi One Way di Cikampek UtamaJASA MARGA Ilustrasi One Way di Cikampek Utama

"Jasa Marga memastikan sarana dan prasarana beroperasi dengan optimal. GT Cikampek Utama sebagai gerbang tol yang melayani lalu lintas one way, Jasa Marga akan mengoptimalkan 15 gardu tol operasi serta penyiagaan 20 mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Jakartaa," ujar Lisye dalam keterangan resminya, Selasa (26/12/2023).

Lebih lanjut Lisye menjelaskan, hal ini disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju Cikampek atau arah Timur ke Jalan Tol Cipali, akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanan melalui jalan nasional Pantura dan masuk kembali ke Jalan Tol Trans-Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Avanza, Mobil Kelebihan Muatan Membawa Petaka

"Sementara itu, bagi pengguna jalan dari arah Bandung via Cipularang/Padaleunyi menuju arah Jakarta maupun dari arah Jakarta menuju Bandung, masih bisa menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek secara normal," ucap Lisye.

One way arus balik diperpanjang sampai 1 Mei 2023 pukul 23.00 WIBJASA MARGA One way arus balik diperpanjang sampai 1 Mei 2023 pukul 23.00 WIB

Lebih lanjut Lisye mengimbau, pengguna jalan yang masih belum melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Siapkan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk perjalanan dari Semarang ke Jakarta untuk menghindari kekurangan saldo saat melakukan transaksi di GT Cikampek Utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com