Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertolongan Pertama Saat Indikator Engine Check Mobil Menyala

Kompas.com - 26/12/2023, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Lampu engine check atau malfunction lamp indicator (MIL) tersedia pada mobil injeksi dengan sistem komputerisasi. Lampu ini terletak di speedometer agar mudah dilihat oleh pengemudi saat menyala.

Lampu ini berwarna kuning dengan simbol atau gambar mesin. Bila lampu cek engine ini menyala saat mesin bekerja artinya sistem melaporkan kepada pengemudi bahwa telah terdeteksi masalah pada mesin.

Maka dari itu, diperlukan langkah tepat sebagai pertolongan pertama saat lampu cek engine menyala secara tiba-tiba di tengah perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru kali ini.

Baca juga: Gampang, Ini Tahapan Melihat Kondisi Aki Motor dari Lampu Indikator

Berkendara di malam hariKOMPAS.com/ SELMA AULIA Berkendara di malam hari

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan lampu cek engine normalnya akan menyala saat kunci kontak on dengan mesin mati dan lampu akan mati ketika mesin berputar.

“Ketika lampu cek engine menyala secara tiba-tiba dalam perjalanan, dalam artian mesin bekerja, pengemudi tidak perlu panik, jika tidak ada penurunan performa maka kendaraan bisa langsung diarahkan ke bengkel terdekat,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (25/12/2023).

Hardi mengatakan lampu cek engine memiliki banyak tafsiran masalah, sehingga solusi perbaikannya bisa beragam tergantung dari kode masalah yang disampaikan oleh sistem.

Baca juga: Ketahui Penyebab Indikator Oli Motor Terus Menyala

Ilustrasi panic attack saat berkendaraCalm Clinic Ilustrasi panic attack saat berkendara

Seharusnya ketika lampu cek mesin menyala pengemudi wajib mencari tahu apa masalah pada mesin sehingga tidak hanya berfokus pada bagaimana cara membuat lampu tersebut padam.

“Seandainya memang kondisi jauh dari bengkel, lampu cek mesin bisa saja dimatikan dengan mencabut pengikat terminal negatif aki selama 10 sampai 15 detik lalu dipasang kembali,” ucap Hardi.

Menurut Hardi jenis status masalah pada mesin ada dua yakni current (saat ini sedang terjadi) dan past (pernah bermasalah tapi saat ini sudah normal kembali) sehingga ada kemungkinan dengan me-reset ECU bisa membuat lampu cek engine padam.

Baca juga: Jangan Panik jika Indikator Aki pada Motor Menyala

Posisi mengemudi mobil listrik MG4 EVKompas.com/Adityo Posisi mengemudi mobil listrik MG4 EV

“Namun tidak semua ECU mobil bisa direset dengan cara tersebut, sehingga sebaiknya memang mencari bengkel terdekat bila kondisinya masih memungkinankan,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan ketika lampu cek mesin menyala biasanya diikuti dengan gejala penurunan performa mesin sehingga tidak boleh diabaikan. Dampaknya bisa berupa menurunnya efisiensi, boros bbm, tarikan loyo, overheating dan gejala lebih parah lainnya.

“Lampu cek mesin memang sebagai informasi ke pengemudi bahwa kondisi mesin sedang tidak baik-baik saja, tidak perlu panik tapi tidak untuk diabaikan juga,” ucap Hardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com