Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubahan Teknis Motor MotoGP Honda RC213V, Lebih Nyaman

Kompas.com - 19/12/2023, 11:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motorsport


JAKARTA, KOMPAS.com - Memafaatkan peraturan konsesi terbaru, Honda langsung "tancap gas" dan akan menggelar tes tertutup sebelum tahun baru. Honda diketahui menyewa Sirkuit Angel Nieto, Spanyol, untuk melakukan tes.

Tes tertutup selama dua hari itu untuk menguji pengembangan motor MotoGP dan WSBK. Tes akan berada di bawah komando Ramon Aurín, insinyur yang bertanggung jawab atas tim pengujian dan pengembangan Honda.

Baca juga: Efektifkan Biaya Operasional Kendaraan dengan Sewa Mobil Jangka Panjang

Joan Mir tercatat telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023todocircuito.com Joan Mir tercatat telah mengalami 8 kali crash pada 4 seri pembuka MotoGP 2023

Stefan Bradl, test rider Honda dari Jerman akan berada di belakang setang RC213V 2024 . Ini pertama kali Bradl mencoba motor baru sebab dia tidak menjajal versi prototipe yang debut di tes terakhir di Valencia belum lama ini.

Dikabarkan Bradl akan menguji komponen-komponen baru yang didatangkan dari Tokyo, Jepang.

Lucio Cecchinello, pemilik tim LCR Honda mengatakan, motor 2024 akan punya bobot yang lebih ringan dari sebelumnya. Kemudian punya center of gravity yang berubah agar membuat motor lebih nyaman dikendarai.

Baca juga: Cara United E-Motor Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Foto stok: Motor balap Honda RC213VKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Foto stok: Motor balap Honda RC213V

"Instruksi yang kami berikan memberikan penekanan khusus pada distribusi bobot. Jika kami menganalisis semua penurunan pada tahun 2023, sebab yang paling utama adalah hilangnya as roda depan," ujarnya.

"Kami minta motor dengan keseimbangan berbeda dan pusat gravitasi digeser lebih ke belakang. Bahkan dari segi ukuran, motor baru ini sedikit lebih panjang dan bobotnya lebih ringan," kata Cecchinello.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com