Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Motor Baru pada Sepanjang Tahun 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan motor di Indonesia sepanjang Januari-November 2023 berhasil membukukan 5.809.959 unit.

Perolehan ini melesat 22,61 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau secara tahunan (year on year/yoy) sebanyak 4.738.216 unit.

Salah satu faktor pendorong penjualan adalah kehadiran beragam produk baru yang jadi pilihan buat konsumen. Sepanjang tahun 2023, tercatat ada belasan model motor baru yang meluncur ke publik.

Baca juga: Harga Sewa Mobil Fortuner dan Pajero Sport buat Liburan Akhir Tahun

AHM Resmi Meluncurkan Honda CRF250LKOMPAS.com - Dio AHM Resmi Meluncurkan Honda CRF250L

Dalam ulasan ini, redaksi Kompas.com khusus mengulas motor-motor bermesin bakar internal keluaran baru. Adapun untuk motor listrik, kami hanya memasukkan produk yang berasal dari merek besar saja.

Sementara buat motor listrik keluaran baru, terutama dari merek-merek yang baru muncul juga akan dibahas, namun dalam artikel yang terpisah.

Pertama dari Honda, pada tahun ini bisa dibilang hanya ada tiga model yang benar-benar baru, yaitu EM1 e:, CRF250L, dan XL750 Transalp.

Baca juga: PO Narendra Punya Trayek Baru Poris – Ponorogo

Sedangkan model lainnya, mayoritas hanya mendapat ubahan warna. Sedangkan Forza juga masuk dalam daftar motor baru, karena ubahan fascia dan fitur terasa sangat signifikan dibandingkan model sebelumnya.

Kemudian dari Yamaha, motor baru pabrikan berlogo garpu tala ini praktis hanya Grand Filano Hybrid-Connected yang meluncur pada Januari 2023. Sedangkan, varian baru Xmax yang belum lama ini meluncur, dalam kesempatan ini tak dihitung sebagai model baru.

Sementara itu, Suzuki juga merilis satu-satu produk baru pada tahun ini, yaitu Burgman Street 125 EX. Dengan desain khas skutik bongsor, motor ini dibanderol dengan harga yang Rp 24,7 juta OTR Jakarta.

Baca juga: Avanza Kuasai LMPV Indonesia November 2023, Mobilio Laku 1 unit

Kawasaki resmi meluncurkan motor listrik Ninja e-1 dan Z e-1KOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Kawasaki resmi meluncurkan motor listrik Ninja e-1 dan Z e-1

Kemudian, Kawasaki mungkin jadi merek yang cukup agresif tahun ini. Tercatat ada enam motor baru yang hadir.

Mulai New KLX150 dan KLX150SM, lalu ZX-4RR, motor cruiser Eliminator, hingga satu-satunya motor listrik di segmen sport Ninja e-1 dan Z e-1.

Merek asal India, TVS, turut meramaikan pasar roda dua Tanah Air dengan meluncurkan Ronin. Motor sport berkapasitas mesin 225 cc memiliki harga yang cukup setara dengan sport 150 cc kebanyakan.

Baca juga: Trayek Bus Malang-Ponorogo PO Bagong Resmi Meluncur, Sekian Tarifnya

Ducati Scrambler model baru meluncur di Indonesia pada Agustus 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ducati Scrambler model baru meluncur di Indonesia pada Agustus 2023

Selain merek anggota AISI, pasar roda dua juga diramaikan sejumlah jenama Eropa ataupun Amerika.

Seperti Ducati yang merilis Scrambler generasi terbaru yang mengusung mesin L-twin, dua katup, 803 cc, berpendingin udara dan oli, serta sudah menganut standar EURO 5. Motor ini dijual mulai kisaran Rp 300 jutaan.

Lalu, Vespa turut mengenalkan motor listrik Elettrica dan merilis GTS 300 Super Tech yang dibekali banyak fitur terkini untuk memudahkan pengendara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com