Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Bus Double Decker DAMRI, Pakai Sleeper Seat

Kompas.com - 11/12/2023, 08:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia atau yang lebih populer dengan DAMRI segera merilis bus anyar model double decker atau bus tingkat.

Ini bukan pertamakalinya DAMRI punya bus tingkat, sebab pada circa 1960-1990 juga pernah punya bus tingkat yang melayani masyarakat di Indonesia.

Baca juga: The Queen PO MTrans Layani Trayek Denpasar - Kediri, Segini Tarifnya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hisyam N (@hisyam_2542)

 

Namun, yang membuat double decker terbaru milik angkutan yang dikelola oleh pemerintah tersebut kini  tampil lebih modern dengan beragam inovasi. Unit tersebut akan menjadi layanan perdana milik DAMRI dengan fasilitas sleeper bus. 

Bocoran tampilan bus tersebut terlihat pada unggahan foto dari Instagram @hisyam_2542. Pada narasi foto disebutkan bila unit yang nantinya akan digunakan sebagai layanan bus AKAP tersebut sedang menjalankan sesi road test. 

Baca juga: Bakal Terjadi Kepadatan, Dishub DIY Ingatkan Jangan Parkir Liar

Berdasarkan tulisan yang disematkan pada kaca depan bus, nantinya unit itu akan menyediakan layanan kelas imperial suites. Pada layanan tersebut punya dua jenis kelas bangku yang berbeda dalam satu bus.

Untuk dek bawah merupakan kursi penumpang dengan model selonjoran atau sleeper seat. Sementara itu pada dek atas merupakan kursi dengan model reclining seat dengan leg rest dan foot rest. Hanya saja belum bagian detail kabin bus masih dirahasiakan hingga peluncuran unit secara resmi. 

Namun, eksterior bus kini tampil lebih gagah dengan desain spesial. Bila biasanya bus DAMRI memakai kelir putih, pada bus ini menggunakan kelir hitam dengan aksen livery kuning. Bus dirakit oleh Karoseri Tentrem dengan balutan bodi Avante dan ditopang oleh sasis Volvo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com