Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Ingin Gelar Dua Balapan di AS

Kompas.com - 10/12/2023, 10:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Carlos Ezpeleta, Direktur Olahraga Dorna Sport, selaku promotor MotoGP mengatakan tertarik untuk membuat dua seri balapan di Amerika Serikat.

Keinginan tersebut muncul setelah tim Trackhouse Racing resmi jadi tim satelit Aprilia dan menggantikan posisi RNF Racing dan akan mulai bertarung di MotoGP musim depan.

Baca juga: Buka Diler Baru, Subaru Dekati Warga Bandung

Ezpeleta mengatakan, Amerika Serikat selalu jadi pasar penting buat MotoGP serta para produsen motor yang bergabung MotoGP. Bisa menambah jumlah balapan di AS akan sangat menguntungkan buat MotoGP.

Pebalap LCR Honda, Alex Rins, saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Jumat (14/4/2023). Terkini, Alex Rins memenangi MotoGP Amerika 2023. (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP Pebalap LCR Honda, Alex Rins, saat menjalani sesi latihan bebas MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Jumat (14/4/2023). Terkini, Alex Rins memenangi MotoGP Amerika 2023. (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

“Amerika adalah pasar yang penting bagi Dorna, dan juga bagi pabrikan. Orang Amerika harus bersentuhan dengan sepeda motor, dan ini harus menjadi misi kami, karena pergi ke Austin selama setahun dan kemudian menghilang tidaklah cukup," katanya mengutip Motorsport, Minggu (10/12/2023).

"Saya telah mengikuti Formula 1 dan menurut saya ini adalah jalan yang benar. Dalam beberapa tahun terakhir, MotoGP telah melahirkan banyak pemenang dari Amerika dan kita dapat menemukan kembali nilai-nilai tersebut," ujarnya.

Ezpeleta dengan tegas menjawab ingin ada dua balapan di AS di sirkuit berbeda.

Baca juga: Lorenzo Sebut Kedatangan Marquez ke Ducati Bisa Jadi Masalah

Trackhouse Racing resmi bergabung di MotoGP 2024 sebagai tim satelit Apriliamotogp.com Trackhouse Racing resmi bergabung di MotoGP 2024 sebagai tim satelit Aprilia

"Kami sedang memikirkan dan mengevaluasinya. Saya ingin memiliki dua balapan yang sukses, dengan daya tarik yang besar, di mana kami dapat menarik banyak penggemar, tanpa harus menjalani dua akhir pekan berturut-turut," kata Ezpeleta.

"Saya pikir dua balapan di Amerika Serikat akan menjadi hal yang bagus. Masalahnya adalah, saat ini, kami hanya memiliki Austin sebagai sirkuit yang tersedia," ujarnya.

Sebelum Sirkuit Austin, Texas, MotoGP sempat digelar di dua sirkuit legendaris di AS yaitu Sirkuit Laguna Seca dan Sirkuit Indianapolis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com