Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ruas Tol Trans Sumatera Gratis Dilalui Saat Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 09/12/2023, 16:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mejelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, pemerintah mulai melakukan banyak persiapan guna mendukung kelancaran dan keamanan. Salah satunya dengan gratis melewati beberapa ruas jalan tol.

Dikutip dari siaran resmi Badang Pengatur Jalan Tol (BPJT), ada lima Ruas Tol Trans Sumatera yang akan beroperasi gratis dalam menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kelima ruas jalan tol yang dipastikan beroperasi secara gratis tersebut, memiliki panjang 126,43 kilometer (km).

Untuk daftarnya sebagai berikut :

Baca juga: Cari Mobil Baru di Bawah Rp 200 Juta, Cek Pilihannya di Akhir Tahun

1. Jalan Tol Indralaya - Prabumulih

Tol Indralaya-Prabumulih.Dok. PT Hutama Karya (Persero). Tol Indralaya-Prabumulih.

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 Km telah beroperasi yang merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Muara Enim.

Jalan Tol Indralaya - Prabumulih akan mempersingkat waktu tempuh Palembang - Prabumulih menjadi hanya 1 jam saja. Selain itu juga mempersingkat waktu tempuh dari Prabumulih ke Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang.

2. Jalan Tol Stabat - Kuala Bingai

Jalan Tol Binjai - Langsa segmen Stabat - Kuala Bingai yang membentang sepanjang 8 km telah beroperasi.

Kehadiran Jalan Tol ini juga akan mendukung konektivitas dari Binjai ke Medan sekitar 17 Km dan dari Medan ke Bandara Kualanamu sekitar 42 Km.

3. Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh

Jalan Tol Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15 Km merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Indrapura - Kisaran yang saat ini sudah beroperasi.

Baca juga: Suzuki Jimny 5-Pintu dari Importir Umum Bisa Servis di Bengkel Resmi

Jalan Tol ini akan menghubungkan beberapa Jalan Tol lainnya seperti Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, dan Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat.

4. Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura

Ruas Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh akan dioperasikan tanpa tarif mulai 10 November 2023 pukul 10.00 WIB.Dok. Hutama Karya Ruas Jalan Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tol Indrapura-Lima Puluh akan dioperasikan tanpa tarif mulai 10 November 2023 pukul 10.00 WIB.

Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 26,23 Km yang telah beroperasi merupakan bagian dari Seksi 1 Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (Kutepat)

Jalan Tol ini akan tersambung langsung dengan Jalan Tol yang berada di Sumatera Utara, yakni Jalan Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi dan Jalan Tol Indrapura - Kisaran.

5. Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 - 6 (Blang Bintang - Baitussalam)

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 - 6 (Blang Bintang - Baitussalam) sepanjang 12,7 Km akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu Seksi 2 - 4 (Seulimeum - Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com