Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTM Adventure 390 Tertangkap Kamera Sedang Dites Jalan

Kompas.com - 10/12/2023, 08:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen motor petualang atau adventure yang ringkas memang mulai diminati masyarakat. KTM menjadi salah satu yang tidak mau ketinggalan dengan mempersiapkan versi baru dari Adventure 390.

Dikutip dari Rushlane, KTM Adventure 390 yang lama memang ental gaya petualang. Cuma pada model yang terbaru nantinya, KTM sepertinya akan mengarah ke off-road, bukan adventure biasa.

Tersebar juga foto yang memperlihatkan KTM Adventure 390 sedang dites jalan. Terlihat, desainnya jadi lebih ke arah petualang dengan bagian bodi yang minimalis, beda sama Adventure 390 yang bodinya besar.

Baca juga: Setop Balapan, Pol Espargaro Bantu Pedrosa Jadi Test Rider KTM

KTM Adventure 390 sedang ditesAkshay Kulkarni KTM Adventure 390 sedang dites

Jadi calon motor barunya KTM ini kelihatan lebih garang dari model sebelumnya. Depannya sangat tegas, lampu proyektor ganda sebagai penerangan utama, lalu bagian bodi yang diklaim lebih aerodinamis.

Kemudian, ada paruh bebek besar yang ada di depan, khas motor petualang yang lebih ke arah off-road. Posisi duduknya, terlihat pengendara yang sedang menguji tadi tampak santai, dudukan kaki juga cocok jadi tumpuan saat berdiri.

Soal sasis, kelihatannya memang mengambil dari 390 Duke terbaru. Cuma tentu, ada beberapa penyesuaian agar bisa dibawa off-road, tidak khawatir lagi.

Baca juga: Buka Diler Baru, Subaru Dekati Warga Bandung

KTM Adventure 390 sedang ditesAkshay Kulkarni KTM Adventure 390 sedang dites

Suspensi seperti kebanyakan KTM pakai merek WP. Rebound dan kompresi suspensi depan mupun belakang bisa disetel, travel-nya juga panjang, cocok buat main tanah.

Spesifikasi lainnya seperti motor ini bisa dibawa melewati genangan air yang tinggi. Jangan khawatir, roda depan ukurannya 21 inci, sedangkan yang belakang 18 inci, sama-sama pakai pelek jari-jari.

Soal mesin, kemungkinan akan pakai dari Duke 390, artinya mesin 399cc berpendingin cairan dengan transmisi  enam percepatan. Cuma tentu, setelannya akan diubah, menyesuaikan dengan kebutuhan pembeli.

Kemungkinan, KTM Adventure 390 ini akan dibuat oleh Bajaj di India, meluncur 2024. Unit yang dipakai tes ini kelihatan sudah siap buat dikirim kepelanggan, tidak banyak komponen lain terpasang untuk mengetes motor lebih dalam secara data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com