Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benar atau Tidak, Aki Motor yang Tekor Bikin Boros BBM?

Kompas.com - 09/12/2023, 16:22 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sepintas seperti tidak ada hubungan antara aki pada sepeda motor dengan konsumsi bahan bakar atau BBM. Namun, jika dipahami lebih detail keduanya bisa saling berhubungan.

Khususnya untuk motor injeksi, hal ini karena beberapa komponennya mengandalkan suplai arus listrik dari aki sehingga bila aki sudah tekor dapat mengganggu performa.

Meski masih bisa dioperasikan, misal dengan diengkol atau dijumper, namun efisiensi konsumsi BBM sulit terjadi jika sampai performa motor secara keseluruhan menurun. Maka dari itu, aki motor yang sudah tekor sebaiknya diganti. 

Baca juga: Gampang, Ini Tahapan Melihat Kondisi Aki Motor dari Lampu Indikator

Indikator berwarna merah yang menyala di spidometer, tanda aki motor bermasalahKompas.com/Daafa Alhaqqy Indikator berwarna merah yang menyala di spidometer, tanda aki motor bermasalah

Gio, Pemilik Giovani Motor mengatakan, beberapa motor injeksi akan terganggu performanya ketika aki sudah terlalu lemah, meski pengisian ada.

“JIka performa mesin menurun, maka konsumsi BBM menjadi lebih boros meski tidak terasa karena mesin motor kecil, berdasarkan logika dengan suplai BBM kurang maka bisa lebih irit, tapi tenaga yang dihasilkan tidak ada, tidak mau lari,” ucap Gio kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2023).

Menurut Gio, formula paling ideal untuk menghasilkan mesin motor irit bahan bakar adalah kondisinya prima, sehingga setiap BBM yang terbakar bisa ditukar dengan tenaga dan jarak tempuh.

Baca juga: Benarkah Aki Motor yang Tekor Mengganggu Performa Mesin?

ilustrasi aki motor berjenis maintenance free, menggunakan pelat-pelat di bagian dalamKompas.com/Daafa Alhaqqy ilustrasi aki motor berjenis maintenance free, menggunakan pelat-pelat di bagian dalam

“Untuk motor karburasi, pastinya tidak menjadi masalah karena sering dijumpai motor masih tampak sehat, bisa dioperasikan, meski ketika mau menghidupkan harus pakai engkol, tapi pada sebagian motor injeksi tidak bisa seperti itu,” ucap Gio.

Gio menjelaskan, aki atau baterai pada sepeda motor berperan sebagai sumber tenaga arus listrik guna menunjang sistem pada mesin motor, khususnya yang sudah pakai sistem injeksi.

Beberapa komponen seperti pompa bensin, busi pengapian, dan sejenisnya bekerja dengan mengandalkan tenaga listrik yang disuplai aki. Sehingga, ketika kondisinya sudah terlalu lemah akan mempengaruhi tenaga.

Baca juga: Cek Daftar Harga Aki Motor per Desember 2023

Proses penggantian aki motor yang rusakKOMPAS.com/daafa Proses penggantian aki motor yang rusak

“Bisa saja tenaga menjadi loyo, putaran mesin tidak stabil seperti mau mati, hal itu bisa terjadi bila sampai pompa bensin terganggu akibat suplai listriknya terlalu rendah,” ucap Gio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com