Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasuki Musim Pancaroba, Perhatikan Karet Wiper Mobil

Kompas.com - 04/12/2023, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini sejumlah kota di Indonesia mulai memasuki musim pancaroba, alias masa peralihan antara musim penghujan dan musim kemarau. Seiring dengan hal ini, pemilik atau pengendara patut meperhatikan sejumlah hal seperti wiper mobil.

Pasalnya, meskipun cukup kecil tetapi komponen yang berada di bagian kaca depan dan belakang mobil tersebut memiliki fungsi vital yakni memastikan daya atau jarak pandang pengendara jernih.

"Supaya tetap aman ketika berkendara rawatlah wiper dan karet jendela dengan baik agar bisa berfungsi maksimal," kata Asst. to Dept Head Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi belum lama ini.

Baca juga: Alasan Kenapa Saat Isi BBM Mesin Kendaraan Harus Dimatikan

Modifikasi sederhana wiper tegak ala JDMTEVCI Modifikasi sederhana wiper tegak ala JDM

Menurutnya, pertama yang patut dijaga pada karet wiper adalah elastisitasnya. Mengingat, wiper memiliki material karet yang bersentuhan dengan kaca.

"Bagian inilah yang memiliki fungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil. Nah, supaya bagian tersebut tetap terjaga maka jangan sering memarkirkan mobil Anda di tempat yang sangat panas," kata dia.

Kedua, berhati-hatilah saat mencuci wiper dan karet jendela mobil. Saat kondisi tersebut, pemilik harus membilas bagian-bagian karetnya guna menjaga cairan khusus agar wiper bisa menyapu air di kaca.

"Fungsi tersebut adalah sebagai pelindung dan pelembab," kata dia.

Baca juga: Mio M3 Warna Baru Meluncur, Dijual Rp 17 Jutaan

Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawatKOMPAS.com/Daafa Alhaqqy Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawat

Sebelumnya, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi juga pernah mengatakan, baiknya pemilik mobil melakukan pergantian karet wiper secara berkala karena adanya usia dalam pemakaiannya.

Bahkan Didi mengajurkan, pergantian karet wiper tak perlu menunggu kondisinya sudah mengeras atau getas. Karena bila demikian, dan suatu-waktu digunakan, dikhawatirkan justru bisa merusak lapisan kaca.

"Usia rata-rata karet wiper adalah enam bulan harus diganti atau saat mau masuk musim hujan dilakukan penggantian,," kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com