Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Libur Nataru, Korlantas Susun Agenda Pengamanan Lalu Lintas

Kompas.com - 04/12/2023, 14:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekati momen libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai menyiapkan agenda pengamanan lalu lintas, supaya kegiatan bisa berjalan kondusif.

Pengamanan selama Nataru juga dikenal dengan nama Operasi Lilin, dan merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Korlantas Polri.

Pelaksanaaan agenda ini serupa dengan Operasi Ketupat, yang diadakan setiap momen Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri.

Pelaksana Harian (PLH) Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, detil agenda dan operasi-operasi khusus selama pengamanan Operasi Lilin masih sedang disusun.

Baca juga: Kuota Subsidi Motor Listrik Subsidi Masih 184.000 Unit

Sejumlah personel gabungan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022, dipimpin lKapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).Dok. Polres Bogor. Sejumlah personel gabungan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022, dipimpin lKapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).

Agenda dan operasi khusus ini biasanya berupa pendataan untuk titik-titik potensi kemacetan saat libur panjang, atau lokasi pengalihan jalan jika diberlakukan.

“Agendanya masih disusun, sedang dibahas,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Aan menambahkan, proses evaluasi akan berlangsung selama beberapa hari. Target yang hendak dicapai adalah mengantisipasi kemungkinan meningkatnya volume kendaraan.

“Prinsip kami, sudah siapkan semuanya untuk antisipasi adanya peningkatan volume kendaraan pada saat Natal dan Tahun baru,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com