Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Mengusir Serangga di Dek Motor Matik Pakai Insektisida?

Kompas.com - 18/11/2023, 16:02 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Masuknya seranga ke dek motor matik sering kali dialami pemilik kendaraan, bahkan dapat menjadi masalah yang mengganggu dan membahayakan.

Ketika serangga, seperti kecoa masuk ke dalam bagian-bagian vital di dek motor, dampak negatifnya dapat meluas ke berbagai komponen kendaraan dan mengakibatkan kerusakan dan risiko keselamatan.

Hal ini membuat pemilik motor, menyemprotkan insektisida pengusir serangga ke dek motor matik. Namun, apakah cara ini aman dan dibolehkan?

Standar Samping Motor Matik memiliki fungsi ganda sebagai fitur pengaman dan keselamatanDicky Aditya Wijaya Standar Samping Motor Matik memiliki fungsi ganda sebagai fitur pengaman dan keselamatan

Andre, Pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage mengatakan, penyemprotan insektisida pengusir serangga yang berada di pasaran boleh saja digunakan.

“Boleh, tidak apa. Selagi bahan dasarnya bukan dari air tidak apa-apa, namun usahakan setelah disemprot dan serangga keluar, maka komponen yang ada di lap,” ucap Andre kepada Kompas.com, Sabtu (18/11/2023).

Mengelap sisa-sisa insektisida ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korosi pada komponen-komponen motor.

Diler motor bekas umumnya memajang motor-motor yang diminati oleh konsumen, seperti motor matik dari merek Honda atau Yamaha.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Diler motor bekas umumnya memajang motor-motor yang diminati oleh konsumen, seperti motor matik dari merek Honda atau Yamaha.

Andre juga menyarankan, ketika melakukan penyemprotan insektisida pastikan motor dalam keadaan mesin dingin.

Untuk mencegah serangga balik lagi ke dek motor matik, pemilik motor bisa lebih menjaga kebersihan.

“Sebenarnya mudah, pemilik hanya perlu rutin membersihkan dan mencuci motor untuk menghindari serangga balik lagi,” ucap Andre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com