BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Wuling

Wuling Perlihatkan Tampilan Mobil Listrik Anyar, Begini Tampilan Eksterior dan Interior BinguoEV

Kompas.com - 18/11/2023, 13:52 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

SERPONG, KOMPAS.com - Wuling Motors tak main-main dalam berinovasi menghasilkan produk kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) di kancah global, termasuk di Indonesia.

Setelah sukses dengan Air ev, Wuling kembali dengan mobil listrik teranyarnya, BinguoEV, yang diperkenalkan saat acara Pre-Launch di Atrium Circle, Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (16/11/2023).

Sebagai informasi, Wuling berkomitmen ambil peran menghadirkan produk otomotif ramah lingkungan sebagai respons terhadap isu lingkungan yang mengemuka pada beberapa waktu terakhir.

Memulai pengembangan electric vehicle (EV) sejak 2014, Wuling memperkenalkan mobil listrik pertamanya, yakni Air ev, di China pada 2016. Bak gayung bersambut, kehadiran Wuling Air ev direspons positif pencinta otomotif.

Hal itu diamini Vice President Wuling Motors Arif Pramadana. Arif mengatakan, sebanyak 1,6 juta unit mobil listrik besutan Wuling sudah mengaspal di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Baca juga: Wuling Juga Mau Ekspor Mobil Listrik Binguo EV

“Seiring berjalannya waktu, Wuling telah mencatatkan pencapaian signifikan sebagai produsen kendaraan listrik global yang berpengalaman dan tepercaya di dunia. Hingga saat ini, produk mobil listrik Wuling telah dinikmati oleh konsumen di berbagai negara,” ujar Arif kepada wartawan di Serpong, Tangerang, Kamis (16/11/2023).

Bahkan, lanjut Arif, Wuling Air ev di Indonesia berhasil mencatat angka penjualan sebanyak 12.000 unit sejak diluncurkan pada Agustus 2022.

Tak heran, Air ev berhasil menyandang predikat sebagai mobil listrik terlaris di Tanah Air, serta mendominasi segmen mobil listrik dengan pangsa pasar 55,8 persen.

Hadirnya BinguoEV pun diharapkan dapat mendulang sukses kembali. Lewat semangat ‘Drive for Green Life’, BinguoEV resmi memasuki fase pre-launch. Di hadapan undangan, eksterior dan interior BinguoEV dipamerkan.

Vice President Wuling Motors Arif Pramadana memaparkan inovasi mobil listrik Wuling untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dalam Pre-Launch di Atrium Circle, Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (16/11/2023).Dok. Wuling Motors Vice President Wuling Motors Arif Pramadana memaparkan inovasi mobil listrik Wuling untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dalam Pre-Launch di Atrium Circle, Summarecon Mall Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (16/11/2023).

Untuk diketahui, pameran pre-launch BinguoEV berlangsung mulai Kamis (16/11/2023) hingga Minggu (19/11/2023). Pada pameran ini, pencinta otomotif dapat melihat langsung tampilan eksterior dan interior dari BinguoEV dan melakukan pre-book.

Baca juga: Wuling Binguo EV Beda Segmen dengan Air ev

Mengusung tagline ‘Drive Electric, Be The Icon’, BinguoEV memungkinkan setiap penggunanya untuk menjadi ikon dalam perubahan menuju gaya hidup yang berkelanjutan.

“Dengan memilih BinguoEV, pengguna tak hanya memiliki kendaraan listrik yang ramah lingkungan, tetapi juga mampu menginspirasi perubahan positif bagi orang lain untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih hijau seiring dengan semangat drive for a green life,” kata Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors.

Kendaraan listrik desain ikonik

Lewat BinguoEV, Wuling Motors menghadirkan pengalaman berkendara ramah lingkungan dengan desain ikonik.

Kehadiran BinguoEV juga melengkapi lini kendaraan listrik Wuling di pasar Indonesia untuk memberikan pilihan yang sesuai kebutuhan masyarakat akan kendaraan ramah lingkungan.

Untuk diketahui, BinguoEV hadir dengan dua varian jarak tempuh, yakni 333 km hingga 410 km yang menyajikan kenyamanan lebih bagi konsumen untuk bepergian jarak jauh.

Baca juga: Mengapa Wuling Pakai Nama Binguo EV, Berbeda dengan di China?

Berdasarkan pantauan Kompas.com, BinguoEV tampil dengan kabin yang luas dan nyaman. Mobil listrik satu ini pun cocok dijadikan sebagai kendaraan untuk mendukung mobilitas sehari-hari para penggunanya.

Pada sisi eksterior, BinguoEV tampil dengan desain ikonik yang menggabungkan estetika retro klasik dan sentuhan modern yang memukau.

Secara keseluruhan, BinguoEV mengadopsi gaya desain yang timeless dipadukan dengan elemen-elemen modern yang menambah unsur futuristik pada kendaraan listrik ini, seperti lampu light emitting diode (LED) berbentuk “X” dan velg yang unik bak percikan air (splash water).

BinguoEV mengaplikasikan dual-tone body color yang memadukan warna Starry Black pada bagian atas dengan tiga pilihan warna, yakni Milk Tea, Mousse Green, dan Galaxy Blue.

Beralih ke sisi interior, BinguoEV menawarkan kabin yang luas dengan jok perforated synthetic leather yang menyajikan kenyamanan ekstra bagi penumpang dan pengemudi.

Baca juga: Data Spesifikasi Mobil Listrik Wuling Binguo EV

Selain itu, BinguoEV juga dilengkapi dengan 15 kompartemen dan bagasi dengan luas yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang bawaan.

Beragam fitur penunjang kenyamanan berkendara lainnya juga turut hadir dalam BinguoEV. Pada bagian kemudi, misalnya, pengemudi dapat mengatur posisi duduk dengan lebih mudah melalui fitur Electric Seat Adjustment.

Sementara, pada bagian dashboard terdapat multifunction steering wheel yang dilengkapi tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu.

Sama seperti Air ev, rotary gear selector juga kembali dihadirkan di BinguoEV sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar futuristik. Selain itu, konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol electric parking brake dan auto-vehicle holding. Perjalanan pun semakin menyenangkan berkat sistem hiburan yang terintegrasi di 10.25 inchi head unit.

BinguoEV mengadopsi gaya desain yang timeless dipadukan dengan elemen-elemen modern yang menambah unsur futuristik pada kendaraan listrik ini, seperti lampu light emitting diode (LED) berbentuk ?X? dan velg yang unik bak percikan air (splash water). Dok. Wuling Motors BinguoEV mengadopsi gaya desain yang timeless dipadukan dengan elemen-elemen modern yang menambah unsur futuristik pada kendaraan listrik ini, seperti lampu light emitting diode (LED) berbentuk ?X? dan velg yang unik bak percikan air (splash water).

Sukses di China

Sebagai informasi, BinguoEV sendiri telah diluncurkan di China sejak Maret 2023 dengan nama BingoEV.

Baca juga: Wuling Binguo EV Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Setelah enam bulan diluncurkan, mobil listrik tersebut mencatatkan angka penjualan lebih dari 120.000 unit. Angka ini menjadikannya sebagai salah satu produk yang sukses diluncurkan oleh Wuling untuk segmen kendaraan listrik di negara asalnya.

Untuk diketahui, Wuling turut membuka pemesanan BinguoEV dalam periode pre-book selama masa pre-launch. Selama periode tersebut, Wuling menyediakan berbagai keuntungan bagi konsumen yang melakukan pemesanan dalam program Electric Icon Priority Pack.

Dalam rangka memberikan kemudahan dan ketenangan dalam kepemilikan BinguoEV, salah satu benefit yang diberikan kepada konsumen untuk varian jarak tempuh 410 km adalah Lifetime Core EV Component Warranty yang meliputi power battery, drive motor, dan motor control unit.

Lifetime Core EV Components Warranty merupakan bagian dari Electric Icon Priority Pack yang khusus diberikan kepada konsumen yang melakukan pemesanan sebagai benefit selama periode pre-book BinguoEV.

Garansi tersebut mencakup komponen-komponen inti kendaraan listrik, salah satunya power battery yang merupakan salah satu bagian paling penting dalam kendaraan listrik.

Baca juga: Bridgestone Mau Bikin Ban Khusus Mobil Listrik Mungil

Selain itu, komponen penting lainnya yang termasuk dalam program lifetime warranty adalah drive motor, termasuk integrated motor assembly dan motor control unit. Perlu diketahui, komponen-komponen tersebut saling berkaitan dalam menghasilkan tenaga dan menggerakan roda kendaraan listrik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Wuling BinguoEV, klik tautan berikut.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com