Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patokan Posisi Mobil Ketika Akan Bayar Tol

Kompas.com - 16/11/2023, 17:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak ditemui pengemudi yang belum memahami patokan penempatan mobil ketika berada di pintu masuk dan keluar tol.

Permasalahan ini dapat menyulitkan proses tap e-toll, karena posisi mobil cukup jauh dari mesin pembayaran (tapping) sehingga tangan tidak bisa menjangkaunya.

Roslianna Ginting, Training Director The Real Driving Center (RDC) mengatakan, terdapat patokan yang bisa kita gunakan ketika mobil melewati pintu masuk dan keluar tol untuk melakukan tap e-toll.

Baca juga: Kymco Filly 50, Konsumsi BBM Diklaim 40 Km Per Liter

Pintu masuk tol Keramasan yang menghubungkan Palembang-Kayuagung Kabupaten OKI, Sumatera Selatan nampak lengang tanpa adanya pemeriksaan dari pos penyekatan setelah adanya larangan mudik, Kamis (6/5/2021).KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Pintu masuk tol Keramasan yang menghubungkan Palembang-Kayuagung Kabupaten OKI, Sumatera Selatan nampak lengang tanpa adanya pemeriksaan dari pos penyekatan setelah adanya larangan mudik, Kamis (6/5/2021).

“Patokannya separator jalan berada di ujung sudut kaca dan posisi tempat tap e-toll sejajar dengan pilar B kendaraan kita,” ucap Roslianna kepada Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Dengan demikian, selama mobil bisa sesuai dengan patokan tersebut, proses tapping akan lebih mudah dan mencegah terjadinya antrian dan kemacetan.

Roslianna juga mengingatkan, memposisikan mobil sesuai patokan dilakukan ketika mobil sudah mendekati palang pintu dan kecepatan kendaraan di 10 kilometer per jam.

Baca juga: Dijual Terbatas, Mercedes-Benz EQS Edition 1 Tersisa 6 Unit

Pintu tol Cempaka Putih kembali beroperasi, Senin (24/2/2020)dok. PT CMNP Pintu tol Cempaka Putih kembali beroperasi, Senin (24/2/2020)

Selain itu, jangan sekali-kali pindah jalur pintu tol masuk dan keluar sembarangan karena sangat mengganggu pengendara lain.

“Lebih baik jangan, bisa berisiko membahayakan untuk pengendara lain apabila berada di posisi titik buta, belum lagi kendaraan yang bergerak dari belakang kita,” ucap Roslianna.

Roslianna juga mengatakan, jika masih jauh dari gate wajib sudah menentukan pilihan jalur antrian tap e-toll mana yang akan dipilih, agar tidak perlu berpindah-pindah.

Baca juga: Biaya Pasang Toilet Portabel di Mobil

Sementara, Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting mengatakan, ketika akan tap e-toll lakukan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan.

“Kurangi kecepatan fokus terus dan jangan melakukan tugas tambahan yang lain. Turunkan kaca begitu berhenti di tempatnya, sampai benar-benar berhenti baru turunkan kaca,” kata Jusri belum lama ini.

“Turunkan kaca waktu benar-benar berhenti, kemudian tempelkan kartu tol di tempatnya, kemudian bergerak lagi. Jangan pernah menambah tugas-tugas lain saat kendaraan sedang bergerak,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com