Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda WR-V Meluncur di Jepang, Kembaran Elevate dari India

Kompas.com - 16/11/2023, 13:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda WR-V tidak hanya dipasarkan di Indonesia. Belum lama ini, Honda juga meluncurkannya di negara asalnya. Tapi, WR-V yang di sana sedikit berbeda dengan WR-V yang ada di Tanah Air.

WR-V yang dipasarkan di Jepang menggunakan basis Honda Elevate, SUV ringkas yang sudah dipasarkan dan diproduksi di India. Maka itu, tampilannya cukup berbeda dengan WR-V buatan Indonesia.

Baca juga: Update Harga LSUV per Oktober 2023, WR-V dan BR-V Naik Tipis

Dikutip dari Global.honda, Kamis (16/11/2023), WR-V merupakan singkatan dari "Winsome Runabout Vehicle". Artinya, mobil ini menawarkan kesenangan dan merepresentasikan hasrat Honda agar orang bisa menikmati setiap hari dengan mobil ini.

Interior Honda WR-V di JepangDok. Honda Interior Honda WR-V di Jepang

Pada bagian eksterior, bagian depan WR-V Jepang memiliki lampu depan yang cukup ramping dan tajam. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan WR-V lokal, maupun BR-V, dan model Honda lainnya.

Dilihat dari samping, mobil ini memiliki tampilan karakter SUV modern dan terlihat padat. Namun, desainnya terlihat lebih mengotak dibandingkan WR-lokal. Desain lampu belakangnya yang sudah sepenuhnya LED menambah kesan modern.

Baca juga: Adopsi Konsep Street Racing, Honda WR-V RS Tampil Sporty di GIIAS 2023

WR-V Jepang dibekali dengan mesin 1.5 L, i-VTEC, DOHC. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 119 tk pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Bagasi Honda WR-V di JepangDok. Honda Bagasi Honda WR-V di Jepang

Sementara mesin yang digunakan pada WR-V lokal adalah 1.5 L, i-VTEC, DOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 119,2 tk pada 6.600 rpm dan torsinya 145 Nm pada 4.300 rpm.

Fitur-fitur yang disematkan tidak jauh berbeda, termasuk dengan Honda Sensing. Tapi, pada WR-V Jepang sudah dilengkapi dengan teknologi Honda Connect. Sementara pada WR-V lokal, teknologi tersebut masih absen.

Honda WR-V di JepangDok. Honda Honda WR-V di Jepang

Interiornya juga cukup berbeda, pada WR-V Jepang memiliki layar head unit dengan model floating. Sedangkan pada WR-V lokal, layarnya ditempatkan di bawah kisi-kisi AC.

Honda Jepang baru sekadar memperkenalkan WR-V ke publik. Untuk penjualannya akan dimulai pada musim semi 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com